Perkembangan Janin Usia 37 Minggu, Bolehkah Ibu Melahirkan?

Perkembangan Janin Usia 37 Minggu Apakah Ibu bertanya-tanya hamil 37 minggu berapa bulan? Jika Ibu bertanya berapa bulan usia kehamilan...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
25 Mar 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Perkembangan Janin Usia 37 Minggu

Apakah Ibu bertanya-tanya hamil 37 minggu berapa bulan? Jika Ibu bertanya berapa bulan usia kehamilan 37 minggu, hamil 37 minggu sama dengan hamil 9 bulan. Di usia kehamilan 37 minggu ini, pasti rasanya sudah makin tak sabar ingin melihat si Kecil lahir! Ia memang sudah makin besar dan siap lahir ke dunia. Berat janin 37 minggu rata-rata mencapai 2.8 kg. Ketuban pun makin sempit untuknya. Perkembangan janin 37 minggu sudah sebesar seeikat sawi dengan panjang 48 sentimeter. Ada banyak perkembangan janin usia 37 minggu. Tak heran, ia lebih banyak menggeliat daripada menendang.

Baca Juga: Tinggi Fundus Normal Pada Trimester Ketiga Fase Kehamilan

Perawatan Kehamilan di Usia Kandungan 37 Minggu

Banyak persiapan yang biasanya dilakukan Ibu menjelang kelahiran si Kecil. Kami paham bahwa Ibu sangat antusias. Tapi, tetaplah jaga kondisi tubuh dan hindari melakukan kegiatan yang justru berbahaya bagi kehamilan.

Jangan sembarangan mengangkat benda berat, memindahkan furnitur, atau bahkan memanjat tangga untuk sekedar menggantung figura di calon kamar si Kecil. Ingat, perut yang besar membuat keseimbangan tubuh Ibu berkurang lho!

Pada minggu-minggu terakhir ini, salah satu keluhan hamil 37 minggu adalah seringnya merasa kepanasan. Ini adalah salah satu reaksi tubuh terhadap beban ekstra yang disangganya belakangan ini. Cobalah beberapa tips untuk mengatasi rasa kepanasan:

  • Kompres mata dengan handuk dingin sambil merebahkan tubuh sejenak
  • Basahi siku dengan air mengalir
  • Siapkan kipas kecil atau penyemprot air di dalam tas kala Ibu bepergian
  • Perbanyak minum dan asupan cairan, karena keringat bisa membuat tubuh Ibu dehidrasi

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Sungsang

Gejala Hamil Usia 37 Minggu

Tak hanya pada janin, perubahan juga terjadi pada Ibu di usia kehamilan 37 minggu. Selain Ibu menjadi kurang nyaman akibat perut membesar, sesekali Ibu akan mengeluarkan cairan dari vagina. Namun, waspadalah jika yang keluar adalah gumpalan darah. Pertanda ini membuat Ibu harus segera pergi ke dokter.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kontraksi Ibu Hamil

Persalinan di Usia Kehamilan 37 Minggu

Usia kehamilan 37 minggu sebenarnya telah memasuki batas aman untuk melahirkan. Jadi, jangan khawatir bila si Kecil lahir pada minggu ini. Kelahiran pada 37 minggu juga sering terjadi pada Ibu yang mengandung bayi kembar. Selamat ya, Bu!

|||/Articles/Articles/Kehamilan/Perkembangan Janin/kenali-perkembangan-janin-usia-12-minggu



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait