Mengenal Perkembangan Janin Usia 11 Minggu

Perkembangan Janin Usia 11 Minggu Wah, si Kecil sudah semakin berkembang lho, Bu. Panjangnya sudah mencapai 4 cm dan akan terus melesat...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

not yet estimated
20 Mar 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Perkembangan Janin Usia 11 Minggu

Wah, si Kecil sudah semakin berkembang lho, Bu. Panjangnya sudah mencapai 4 cm dan akan terus melesat di minggu selanjutnya. Kepalanya juga sudah berukuran setengah panjang badannya. Ini menunjukkan otaknya berkembang pesat. Paru-paru,hati dan ginjal kecilnya juga sudah mulai terbentuk. Lucunya, si Kecil juga sudah mulai dapat menghisap, menelan, bahkan menguap. 

Bayi Ibu juga mulai dapat ‘menghirup’ air ketuban dan buang air kecil. Jari-jari tangan mungilnya telah terpisah dan telapak tangannya dapat membuka, mengepal, dan menggenggam beragam benda dalam ketuban Ibu. Semua sistem organ tubuhnya juga telah berfungsi, namun akan terus berkembang menuju persiapan kelahirannya.

Baca Juga: Melihat Perkembangan Janin Usia 10 Minggu

Perubahan Pada Tubuh Ibu di Usia Kehamilan 11 Minggu

Saat kehamilan, begitu banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh Ibu. Namun, bukan berarti Ibu bebas mengkonsumsi semua jenis vitamin. Sebaiknya, konsultasikan kebutuhan vitamin kehamilan pada dokter kandungan. Karena bila mengkonsumsi vitamin yang salah dalam jumlah berlebih (seperti vitamin A dan D) justru berbahaya bagi Ibu dan si Kecil dalam kandungan.

Salah satu vitamin kehamilan yang wajib dikonsumsi adalah asam folat sampai usia kehamilan 12 minggu.

Tahukah Ibu?

Bagi Ibu bekerja, sebaiknya mulai mencari tahu mengenai prosedur cuti hamil. Tujuannya agar Ibu dapat mulai mendiskusikan jadwal cuti hamil dengan perusahaan. Selain itu, Ibu juga dapat mempersiapkan pending list pekerjaan, guna menghindari terganggunya cuti hamil karena urusan kantor.

Ingat ya Bu, saat awal usai persalinan dan kelahiran si Kecil, seluruh perhatian Ibu sebaiknya hanya terfokus untuk merawat dan mengenal buah hati tersayang.

Baca Juga: Mengintip Perkembangan Janin Usia 12 Minggu

|||



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait