Mengenal Perkembangan Janin Usia 16 Minggu

Perkembangan Janin Usia 16 Minggu Panjang si Kecil saat ini berkisar 12 cm, dengan berat 110 gram. Kuku sudah mulai tumbuh di jari-jari...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
20 Mar 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Perkembangan Janin Usia 16 Minggu

Panjang si Kecil saat ini berkisar 12 cm, dengan berat 110 gram. Kuku sudah mulai tumbuh di jari-jari tangan dan kakinya. Meskipun mungkin Ibu belum dapat merasakannya, tapi si kecil sebenarnya telah dapat memutar kepala dan menggerakkan 40 sel ototnya. Menakjubkan ya Bu?

Saat USG ke dokter kandungan, Ibu mungkin mulai dapat melihat ekspresi wajah si Kecil. Kadang wajahnya mengkerut atau menyipit. Meski kelopak matanya masih tertutup, matanya sudah mulai dapat menangkap cahaya dari luar ketuban. Sungguh menggemaskan melihatnya.

Perubahan Pada Tubuh Ibu di Usia Kehamilan 16 Minggu

Saat mengidam, banyak Ibu hamil sangat ingin makanan serba pedas, berbumbu, cemilan asin, hingga buah-buahan asam. Selama makanan saat ngidam masih tergolong makanan sehat, tak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya. Hanya saja, pasangan Ibu mungkin harus siap memenuhi permintaan mencari makanan jenis tertentu demi memenuhi keinginan istrinya.

Sebagian Ibu mengalami gejala ‘PICA’, yaitu ngidam menyantap benda yang bukan makanan. Misalnya cat yang mengelupas, lilin, sabun, dsb. Mengerikan ya? Untuk kasus ini, jangan ikuti keinginan ngidam tersebut demi kesehatan Ibu dan bayi dalam kandungan. Konsultasikan kondisi ini kepada dokter kandungan untuk mengetahui cara mengatasinya.

Tahukah Ibu?

Saat kehamilan seringkali mata Ibu merasa kering dan gatal. Ini disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan dalam tubuh Ibu. Konsultasikan saja kepada dokter kandungan tentang jenis obat tetes mata yang tepat. Bagi Ibu yang memakai lensa kontak, sebaiknya gantilah dengan kacamata biasa untuk sementara. Agar mata Ibu merasa lebih nyaman.

Anggap saja sebagai alasan untuk berganti penampilan saat hamil. Menyenangkan lho!

Baca Juga: Kenali Perkembangan Janin Usia 17 Minggu



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait