Umur berapa bayi bisa bicara
Mom's Pedia Balita

Perkembangan Kemampuan Bicara Bayi

Sebelum Si Kecil berbicara dengan bahasa yang sesungguhnya, mereka biasanya akan mengoceh dan mengekspresikan perasaan mereka melalui bunyi-bunyian dan ocehannya. Namun, sudahkah ibu mendengar kata-kata pertama yang keluar dari mulut bayi? Kira-kira umur berapa bayi bisa bicara? Nah, masa-masa penting bayi belajar berbicara terjadi dalam tiga tahun pertama kehidupan, di masa ini otak bayi akan mengalami berkembang yang sangat cepat. Selama waktu itu, perkembangan bicara bayi pun dipengaruhi oleh keterampilan ibu berbicara ala bayi serta kemampuan bayi sendiri.

Umur Berapa Bayi Bisa Bicara

Komunikasi non-verbal pertama yang dilakukan bayi akan dan terjadi segera setelah lahir. Komunikasi tersebut berupa tangisan, meringis, dan menggeliat untuk mengekspresikan berbagai emosi dan kebutuhan fisik, dari rasa takut dan lapar atau perasaan tidak nyaman karena dingin atau panas. Orangtua biasanya akan memahami dan punya tafsiran sendiri akan tangisan bayi mereka yang berbeda-beda. Namun, apabila selama beberapa jam setelah lahir bayi tidak mengeluarkan suara biasanya hal ini disebabkan karena bayi masih membutuhkan waktu transisi saat keluar dari rahim, biasanya bayi akan menangis dengan sendirinya.

Tahapan Kemampuan Bicara Bayi

Nah, tahapan kemampuan bicara bayi dari sejak lahir hingga 3 tahun, antara lain:

  • Usia 3 Bulan, bayi akan lebih sering mendengarkan suara ibu atau orang-orang di sekitarnya. Mereka akan memperhatikan wajah orang yang mengajaknya berbicara, dan berbelok ke arah suara, dan musik lain yang dapat didengar di sekitar rumah. Banyak bayi lebih memilih suara wanita daripada pria. Banyak juga lebih suka suara dan musik yang mereka dengar ketika mereka masih di dalam rahim.
  • Usia 6 Bulan, pada usia ini bayi akan mulai mengoceh dengan suara yang berbeda misalnya, bayi mungkin berkata "ba-ba" atau "da-da." Pada akhir bulan keenam atau ketujuh, bayi menanggapi nama mereka sendiri, mengenali bahasa ibu mereka, dan menggunakan nada suara mereka untuk memberitahu ibu bahwa mereka bahagia atau kesal. Ocehan bayi pada usia ini biasanya masih terdiri dari suku kata acak tanpa makna atau pemahaman nyata.
  • Usia 9 Bulan, setelah 9 bulan, bayi dapat memahami beberapa kata dasar seperti "enggak" dan “bye bye." Mereka juga dapat mulai menggunakan lebih banyak suara konsonan dan nada suara.
  • Usia 12 – 18 Bulan, sebagian besar bayi mengatakan beberapa kata sederhana seperti "mama" dan "dada" pada akhir usia 12 bulan, mereka sudah mulai tahu apa yang mereka katakan. Mereka akan merespon atau setidaknya mengerti permintaan singkat semisal, "Ini bukan mainan, jadi jangan dimainkan, ya."
  • Usia 18 – 24 Bulan, bayi pada usia ini mengatakan beberapa kata sederhana dan dapat menunjuk pada orang, benda, dan bagian tubuh yang ibu beri nama untuk mereka. Mereka akan mengulangi kata-kata atau suara yang kamu katakan, semisal kata terakhir dalam sebuah kalimat.
  • Usia 2 Tahun, pada usia 2 tahun, bayi mulai dapat merangkai beberapa kata dalam frasa pendek atau kalimat sementara yang terdiri dari dua hingga empat kata, seperti "mama su-su". Mereka juga sudah memahami gagasan abstrak seperti "punya aku".
  • Usia 3 Tahun, pada saat bayi berusia 3 tahun, kosakatanya berkembang pesat, mereka sudah paham akan bahasa simbolik dan abstrak seperti "sekarang," perasaan seperti "sedih," dan konsep spasial seperti "masuk".

Nah, untuk membuat kemampuan bicara bayi semakin berkembang, orangtua juga wajib mengajak anak untuk sering berbicara. Pastikan juga pembicaraan yang dilakukan dengan anak adalah hal yang positif sehingga kata-kata yang keluar dari mulut anak juga merupakan kata-kata yang baik.