Tips & Advice 1-12 Minggu

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal Saat Hamil

Kondisi berat badan ideal tentu menjadi dambaan semua wanita yang sedang mengalami kehamilan. Berat badan yang underweight (kekurangan) ataupun overweight (kelebihan) akan berpengaruh bagi kesehatan Ibu dan sang Buah Hati. Oleh karena itu nutrisi yang tepat dan pola makan seimbang pasti akan membantu Ibu untuk mendapatkan kualitas kelahiran yang baik.


Berikut adalah beberapa tips yang bisa Ibu praktekkan untuk mendapatkan berat badan ideal semasa kehamilan:

  1. Ibu perlu memperhatikan konsumsi makanan selama kehamilan. Tidak semua makanan yang Ibu konsumsi punya kandungan nutrisi yang diperlukan, jadi komposisinya harus diperiksa, ya Bu.
  2. Pola makan harus tetap seimbang agar semua variasi nutrisi dapat diserap. Makanan yang mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak serta kombinasi buah-buahan dan sayur yang cukup, baik untuk dikonsumsi. Jangan lupa untuk menyantap makanan dalam porsi yang secukupnya, agar Ibu terhindar dari konsumsi camilan yang berlebihan.
  3. Sebaiknya mengkonsumsi suplemen yang mengandung asam folat, zat besi, vitamin, kalsium, dan sebagainya yang tentunya berdasarkan resep dokter.
  4. Hindari makan secara terburu-buru, karena gula darah akan meningkat dan hal ini sangat berbahaya pada saat kehamilan. Ketika Ibu mengunyah terlalu cepat, Ibu akan cenderung menghabiskan banyak makanan.
  5. Timbanglah berat badan Ibu setiap minggu, karena ini akan mempermudah Ibu untuk mengontrol berat badan dan mengembalikannya ke berat ideal.
  6. Olah raga baik untuk dilakukan, namun ada baiknya menghindari olahraga-olahraga yang terlalu berat, mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dan tentunya teratur minum air putih.
  7. Jalani kebiasaan sehat seperti berolahraga, mengkonsumsi buah-buahan & sayuran, dan jangan lupa untuk teratur minum air putih setiap hari.