Alternate Text
Mom's Pedia 29-40 Minggu

Kenali Perkembangan Janin Usia 37 Minggu

Perkembangan si Kecil

 

Pasti rasanya sudah makin tak sabar ingin melihat si Kecil lahir! Ia memang sudah makin besar dan siap lahir ke dunia. Berat bayi rata-rata pada usia kehamilan 37 minggu ini adalah 2.8 kg. Ketuban pun makin sempit untuknya. Tak heran, ia lebih banyak menggeliat daripada menendang.

 

Ada Apa dengan Tubuh Ibu?

 

Banyak persiapan yang biasanya dilakukan Ibu menjelang kelahiran si Kecil. Kami paham bahwa Ibu sangat antusias. Tapi, tetaplah jaga kondisi tubuh dan hindari melakukan kegiatan yang justru berbahaya bagi kehamilan.

Jangan sembarangan mengangkat benda berat, memindahkan furnitur, atau bahkan memanjat tangga untuk sekedar menggantung figura di calon kamar si Kecil. Ingat, perut yang besar membuat keseimbangan tubuh Ibu berkurang lho!

Pada minggu-minggu terakhir ini, mungkin Ibu akan sering merasa kepanasan. Ini adalah salah satu reaksi tubuh terhadap beban ekstra yang disangganya belakangan ini. Cobalah beberapa tips untuk mengatasi rasa kepanasan:

 

o Kompres mata dengan handuk dingin sambil merebahkan tubuh sejenak

o Basahi siku dengan air mengalir

o Siapkan kipas kecil atau penyemprot air di dalam tas kala Ibu bepergian

o Perbanyak minum dan asupan cairan, karena keringat bisa membuat tubuh Ibu dehidrasi

 

Tahukah Ibu?

 

Usia kehamilan 37 minggu sebenarnya telah memasuki batas aman untuk melahirkan. Jadi, jangan khawatir bila si Kecil lahir pada minggu ini. Kelahiran pada 37 minggu juga sering terjadi pada Ibu yang mengandung bayi kembar. Selamat ya, Bu!