Alternate Text
Mom's Pedia 29-40 Minggu

Mengenal Perkembangan Janin Usia 36 Minggu

Perkembangan si Kecil

 

Duh, si Kecil lucu di perut Ibu sudah semakin gembil. Beratnya bertambah sekitar 140 gram setiap minggunya, dengan panjang sekitar 47 cm. Memasuki minggu ke-36 ini, kemungkinan kepala bayi Ibu sudah mulai memasuki jalan lahir.

 

Ada Apa dengan Tubuh Ibu?

 

Kini saatnya Ibu dan pasangan menikmati masa romantis sebelum si Kecil lahir. Karena beberapa saat setelah kelahirannya nanti, perhatian Ibu dan Ayah pasti akan terfokus padanya. Selama dokter menyatakan kandungan Ibu sehat dan air ketuban belum pecah, hubungan intim suami istri diperbolehkan. Konon, aktivitas ini justru dapat berdampak positif karena membuat Ibu merasa relaks, sekaligus membantu melatih otot vagina untuk persalinan nanti.

Hubungan intim baru tidak diperkenankan bila cairan ketuban telah pecah. Hal ini karena cairan amniotik pelindung bayi telah keluar dan bayi sangat beresiko terkena infeksi.

 

Tahukah Ibu?

 

Saat ini, bayi Ibu mulai turun ke lubang pinggul dan rahim turun ke bawah tulang dada Ibu. Kondisi ini sering menimbulkan perasaan pengap dan sesak, karena berkurangnya tekanan udara di paru-paru dan perut Ibu.