Alternate Text
Tips & Advice Pre-Kehamilan

Takut Tak Bisa Hamil

Setelah berbulan-bulan mencoba, kenapa belum hamil juga? Benak Ibu pasti dihantui perasaan takut dan khawatir. Belum lagi berbagai pertanyaan dari keluarga dan teman terdekat yang sering membuat Ibu makin merasa panik.

 

Perasaan khawatir tak bisa hamil memang banyak melanda kaum hawa. Terutama bagi mereka yang memang memiliki masalah kesuburan atau baru menikah saat usia hampir mendekati angka 40. Meskipun kedua faktor tersebut memang menjadi pemicu sulit hamil, jangan lantas berkecil hati jika kebetulan Ibu mengalaminya. Perkembangan teknologi kesehatan dan informasi saat ini semakin membuka peluang untuk hamil kok.

 

Jadi, daripada menyibukkan diri dengan perasaan khawatir dan pikiran negatif, lebih baik cobalah langkah-langkah berikut ini untuk membantu mengatasinya:


  • Ayo kembali berhitung, sudah berapa lama Ibu menikah? - Jika Ibu masih berusia 24-30 tahun dan baru menikah kurang dari setahun, maka tak perlu cemas berlebihan. Ibu baru dianjurkan berkonsultasi bila setelah setahun menikah belum juga berhasil hamil. Nah, jika Ibu kebetulan sudah berusia > 35 tahun, sebaiknya mulai coba berkonsultasi jika belum berhasil hamil setelah enam bulan.
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan prakonsepsi. Jangan keburu paranoid membayangkan hasil pemeriksaan kesehatan yang tak sesuai harapan. Justru, pemeriksaan ini akan bermanfaat untuk menentukan langkah paling tepat yang harus dilakukan agar Ibu bisa segera hamil.
  • Hindari stres dan kelelahan berlebih. Membiarkan diri larut dalam kecemasan hingga menimbulkan stres, jelas tak ada manfaatnya lho, Bu. Penelitian menunjukkan bahwa stres terbukti menghambat kesuburan. Stres juga sering berujung pada kondisi sulit tidur/ istirahat. Akibatnya, tubuh menjadi kelelahan dan stamina pun terganggu. Kondisi fisik yang buruk jelas menghambat keberhasilan konsepsi.
  • Terapkan pola hidup sehat dan diet berimbang. Pola hidup kota besar banyak yang berdampak buruk pada kesuburan. Mulai dari stres, istirahat tidak teratur, hingga konsumsi makanan/ minuman tidak sehat. Jika Ibu dan pasangan ingin segera mewujudkan kehamilan, keputusan berhenti merokok dan minuman beralkohol adalah langkah awal yang baik. Hindari juga terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji dan berpengawet, yang berbahaya bagi perkembangan janin dalam kandungan. Segera beralih ke diet sehat berimbang ya, Bu!
  • Nikmati hubungan suami istri. Kualitas hubungan suami istri adalah faktor penting yang tak boleh diabaikan. Jangan hanya sibuk berdebat tentang kapan bisa hamil. Jalani dan nikmati setiap tahap kehidupan bersama pasangan. Termasuk masa penantian memiliki buah hati. Anggap saja, saat tersebut justru menjadi kesempatan baik untuk lebih saling mengenal dan melakukan berbagai hal menyenangkan berdua pasangan.
  • Berbagi dengan orang-orang terdekat atau komunitas. Percaya deh, berbagi kegelisahan dengan orang-orang terdekat akan membantu Ibu merasa lebih tenang menjalani berbagai tantangan hidup. Termasuk saat menanti kehamilan yang belum kunjung tiba.

Ibu juga bisa meminta saran dan tips dari sesama ibu lainnya di komunitas terpercaya. Salah satunya di Forum Bebeclub, atau bertanya langsung pada Bebeclub Careline di nomer telefon 0-800-1-202-202 (bebas pulsa) atau e-mail:careline@bebeclub.co.id.


Tetap semangat dan terus berpikiran positif ya, Bu!