Mom's Pedia 13-28 Minggu

Mengenal Perkembangan Janin Usia 14 Minggu

Bagaimana perkembangan janin di minggu ke 14?

Melihat perkembangan calon buah hati melalui layar ketika pemeriksaan USG adalah momen yang paling dinanti bagi ibu hamil. Pada periode kehamilan usia 14 minggu, panjang janin seukuran 80-110 mm dan beratnya 25 gram.

Apa yang bisa kita ketahui di masa ini?

Meskipun masih begitu mungil, pada minggu ini, telinga janin sudah menempati posisi normal di sisi kanan dan kiri kepala.

Tidak hanya itu, Bu. Leher janin kini sudah tidak lagi menyatu ke dada. Walaupun kulitnya masih tipis karena belum terlapisi lemak, namun calon buah hati sudah dapat dibedakan jenis kelaminnya antara laki-laki dan perempuan. Wah, ibu pasti makin semangat melakukan pemeriksaan USG untuk melihat si kecil ya?

Apa yang harus ibu lakukan semasa janin berusia 14 minggu?

Para periode janin berusia 14 minggu, cobalah untuk sering mengusap atau mengelus perut agar memberikan stimulasi pada janin. Denyut jantung janin pada masa ini berdetak 2 kali lebih cepat dibanding sang ibu dan dapat merespon atau bergerak bila perut diusap.

Si kecil juga sudah mampu memberi respon terhadap dunia di luar rahim ibu termasuk mendengarkan saat pemeriksaan dengan dokter. Maka dari itu, jangan bosan untuk mengajak calon buah hati berbicara atau memberikan usapan lembut agar ia merasakan kenyamanan dan kasih sayang sang ibu.

Semangat terus selama proses kehamilan ya, Bu...