Alternate Text
Cara meningkatkan daya ingat anak
Mom's Pedia Balita

Begini Trik Supaya Daya Ingat Si Kecil Kuat

Di usia tumbuh kembangnya, seringkali anak mendapatkan pelajaran baru dari orangtua. Baik menghafal huruf, angka, nama-nama benda hingga nama keluarga satu persatu. Tentu dengan memberikan stimulasi yang tepat, memori otak anak di usia pertumbuhan akan semakin cemerlang. Anak-anak cenderung memiliki daya ingat yang kuat. Nah, ibu bisa memaksimalkan kemampuan Si Kecil dengan trik agar daya ingat Si Kecil bisa kuat dan memiliki kecerdasan yang maksimal. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya ingat Si Kecil.

Pembelajaran Sensorik

Bimbing anak-anak untuk melakukan berbagai macam kegiatan untuk mempelajari berbagai materi penting melalui berbagai jalur pembelajaran sensorik. Ibu bisa mencoba membuat permainan yang dapat melatih pendengaran anak, penglihatan anak dan juga daya sentuh anak. Semakin kreatif permainan yang ibu gunakan untuk melatih daya sensorik anak, tentu anak akan memiliki daya ingat yang maksimal terhadap kegiatan tersebut. Tidak ada salahnya juga ibu mengajak anak untuk menceritakan hal-hal yang dirasakan saat permainan berlangsung.Kegiatan ini membuat anak-anak bisa lebih mudah menceritakan pengalaman mereka dengan kata-kata mereka sendiri pada ibu. Ini akan memperkuat pembelajaran sensorik mereka karena Si Kecil dapat berinteraksi dengan cara mereka sendiri. Lebih banyak jalur otak yang dirangsang tentunya memori jangka panjang akan lebih kuat dibangun.

Bangun Rasa Keingintahuan dan Tak Terduga pada Anak

Anak dilahirkan dengan rasa keingintahuan yang cukup tinggi pada dasarnya mereka memiliki rasa ingin tahu yang dapat dipertahankan untuk mengasah ingatan mereka. Jelaskan pada mereka mengenai hal-hal yang ingin mereka tahu secara detail karena ini akan meningkatkan sistem perhatian dan memori anak-anak juga menjadi lebih optimal.

Ajarkan Anak Teknik Menghafal

Setiap anak dilahirkan dengan daya ingat yang tinggi dan untuk memaksimalkan daya ingat anak pada masa pertumbuhan ibu tentu harus memiliki teknik-teknik tertentu. Ajarkan anak untuk menghafal dengan berbagai teknik misalnya dengan menyanyi, dengan memberikan gambar yang disukai atau dengan tulisan sehingga anak akan mengingat dengan baik huruf, angka atau warna yang diberikan.

Ajarkan Anak untuk Bersosialisasi

Saat mengajarkan anak untuk meningkatkan daya ingat sebaiknya jangan jauhkan anak dari kehidupan sosialnya. Mengajak anak untuk bersosialisasi dengan teman atau keluarga adalah salah satu cara yang cukup baik untuk membantu anak meningkatkan daya ingatnya. Membuat anak bahagia tentu akan menghindari anak dari rasa tertekan atau stres dan kedua kondisi ini tentu memiliki kaitan yang cukup dekat dengan penurunan daya ingat.

Berikan Anak Waktu Istirahat yang Cukup

Tidur yang berkualitas tentu memiliki peranan yang cukup besar dalam meningkatkan daya ingat pada anak. Dengan waktu tidur yang baik seorang anak akan memiliki kemampuan untuk mengingat dan lebih fokus. Memiliki waktu tidur yang cukup akan membuat tubuh anak menjadi segar selain itu dengan tidur cukup akan melawan penuaan dini pada otak.

Buatlah suasana yang menyenangkan agar anak memiliki daya ingat yang kuat. Suasana yang menyenangkan tentu akan memaksimalkan segala pembelajaran yang diberikan oleh ibu untuk Si Kecil. Selamat mencoba!