Tips & Advice Balita

Apakah Suasana Hati Bisa Dipengaruhi Oleh Perut Sehatnya?

APAKAH SUASANA HATI BISA DIPENGARUHI OLEH PERUT SEHATNYA?

Perut ternyata mempunyai fungsi lebih dari sekedar pencernaan saja. Perut juga mempunyai  pengaruh besar terhadap fungsi otak. Hal ini terjadi karena usus dan otak selalu berkomunikasi melalui sistem saraf sehingga perut dapat mempengaruhi suasana hati si Kecil.

Salah satu penyebab perut dapat mempengaruhi suasana hati Si Kecil adalah keberadaan serotonin di dalam perut. Serotonin adalah neurotransmiter utama yang dihasilkan oleh salura cerna untuk dikirim ke otak dan kemudian otak mendapatkan sinyal yang mengatur suasana hati, selera makan, tidur dan ingatan. Sekitar 95% serotonin di dalam tubuh terdapat di dalam saluran cerna. Produksi serotonin yang cukup dapat menjadikan suasana hati si Kecil tenang serta tidak mudah cemas sehingga dapat mempelajari banyak hal lebih baik.

Saat Si Kecil mengalami gangguan pada perutnya seperti peradangan akibat infeksi atau makanan yang tidak dapat ditoleransi oleh tubuh, sel yang menyimpan dan memproduksi serotonin di dalam perut Si Kecil juga dapat terganggu dan dapat berpengaruh ada suasana hati si Kecil, Gangguan pada perut dikaitkan dengan ketidakseimbangan mikroflora di dalam perut yang didominasi bakteri jahat.

Oleh karena itu, dukung terus perut sehat si Kecil agar suasana hati si Kecil juga baik, Selain mempengaruhi suasana hati, masih banyak kehebatan lainnya yang dapat diberikan oleh perut sehat, Ibu dapat menemukan 7 kehebatan perut sehat di www.bebeclub.co.id/7kehebatanperut.

Sumber: Buku Manfaat Kesehatan Saluran Cerna 20 - 21