Alternate Text
Mom's Pedia 29-40 Minggu

Mengenal Perkembangan Janin Usia 31 Minggu

Perkembangan si Kecil

 

Tubuh Si Kecil Ibu sekarang sudah semakin berisi. Beratnya sudah mencapai 1,5 kg. Otaknya pun makin berkembang sempurna dan mulai memiliki kemampuan untuk mengingat.

Bila Ibu ingin mengasah daya ingat si kecil sejak dalam kandungan, coba saja perdengarkan musik. Menurut para ahli, bila sejak dalam kandungan bayi terbiasa mendengar musik, maka saat lahir ia memiliki kemampuan merespon terhadap musik itu.

 

Ada Apa dengan Tubuh Ibu?

 

Jangan mudah panik bila Ibu mengalami sesak nafas, terutama sehabis makan. Hal ini lumrah terjadi karena posisi bayi yang semakin menekan diafragma Ibu. Kondisi ini akan terus berlanjut hingga menjelang minggu ke-36, ketika saatnya posisi bayi mulai turun ke rongga pinggul. Ukuran rahim yang besar memang menekan otot-otot pernafasan pada diafragma. Akibatknya, tak banyak ruang tersisa untuk bernafas lega. Cara mengatasinya adalah dengan relaks dan banyak beristirahat. Bila kondisi ini sangat sering terjadi dan menganggu aktivitas Ibu, tak ada salahnya untuk mencoba berkonsultasi juga ke dokter kandungan. Memang banyak masalah seputar kesehatan yang biasa terjadi (hyperlink...) saat hamil. Agar dapat mengatasinya dengan baik, cobalah membaca sebanyak mungkin informasi dari sumber terpercaya. Termasuk dengan berbagi saran dan pengalaman melalui Forum Bebeclub.

 

Tahukah Ibu?

 

Untuk menjaga tubuh bayi tetap hangat meski terendam dalam air ketuban, saat ini tubuhnya tertutup bulu halus (lanugo). Setelah beberapa minggu kelahirannya nanti, Lanugo akan menghilang dengan sendirinya.