Alternate Text
Mom's Pedia 1-12 Minggu

Kenali Perkembangan Janin Usia 12 Minggu

 

Perkembangan si Kecil

 

Saat-saat yang mulai mendebarkan. Wajah si Kecil semakin terlihat seperti manusia. Tubuhnya pun telah berkembang dengan panjang sekitar 6 cm dan berat 14 gram. Can’t wait to have you near, hunny! Pada minggu ke-12 ini, rambut dan kuku si Kecil sudah mulai tumbuh. Dalam mulutnya telah tumbuh 20 akar gigi halus yang nantinya akan menjadi gigi si Kecil. Pita suara telah terbentuk sempurna dan akan jadi bekalnya untuk menangis keras saat pertama keluar dari perut Ibu nanti.

Selain itu, dokter kandungan biasanya akan memeriksa denyut jantung si kecil untuk memastikan kesehatan dan perkembangannya. Ibu bisa ikut mendengarkannya lho!

 

Ada Apa dengan Tubuh Ibu?

 

Wah, perut Ibu akan mulai membuncit cantik lho! Saat usia kehamilan 12 minggu ini, rahim akan mulai keluar dari tulang pinggul dan mengisi ruang di atas kemaluan. Banyak Ibu merasa ini saatnya mulai tampil sebagai Ibu hamil yang sesungguhnya.

Berat badan Ibu juga akan mulai meningkat pada trimester 2 ini. Idealnya, kenaikan berat badan Ibu adalah sekitar 15 kg. Jangan terlalu resah dengan penampilan. Ibu hamil yang sehat dan bahagia akan selalu terlihat cantik. Tubuh pun akan segera kembali ramping pasca persalinan.

 

Tahukah Ibu?

 

Bila kebetulan Ibu bekerja pada bidang atau lingkungan yang rawan bagi kesehatan kehamilan, seperti resiko dampak radiasi atau bahan kimia, segera konsultasikan masalah ini dengan atasan. Bila perlu, tanyakan juga pendapat dokter kandungan. Selama hamil, Ibu berhak bekerja di lingkungan yang lebih sehat dan aman.