Mom's Pedia Balita

Mengenal Perkembangan Anak Usia 14 Bulan

Siapa sih yang tidak ingin segera melihat langkah pertama sang buah hati? Rasanya tidak sabar merekam peristiwa spesial ini ya, Bu. Memang di tahun pertamanya ini tahap tumbuh kembang anak pada aspek fisiknya akan ada banyak perubahan.

Si Kecil telah berhasil melewati fase tengkurap, berguling, duduk tegak dan berdiri dari posisi duduk. Kini otot serta tubuhnya makin kuat untuk menopang seluruh anggota badannya dan juga aktivitas yang makin beragam. Apa saja ya? Yuk simak informasi perkembangan anak usia 14 bulan berikut ini! 

 

Perkembangan fisik 1-1,5 tahun 

• Berdiri dengan berpegangan pada perabot rumah walaupun kadang-kadang terduduk kembali

• Berdiri tanpa berpegangan 

• Berjalan sambil berpegangan pada perabot rumah 

• Berjalan sendiri beberapa langkah tanpa bantuan 

• Berjalan tanpa terjatuh

• Menaruh bola ke dalam kotak

• Menggelindingkan bola

 

Duh, sudah lewat 14 bulan tapi kok si Kecil belum bisa berjalan ya? Terlambat nggak ya tahap tumbuh kembang anak saya? 

Beberapa anak normal kok belum bisa berjalan hingga usia 18 bulan. Namun, jika sampai 15 bulan belum bisa berdiri sendiri dan 18 bulan belum bisa berjalan, Ibu perlu mengonsultasikannya ke dokter ya untuk mengecek kemungkinan adanya masalah. 

Nah selain itu, ada baiknya juga Ibu melakukan stimulasi sendiri di rumah. Yuk coba lakukan ini:

1. Berikan mainan yang bisa ditarik/didorong untuk melatih koordinasi kakinya dalam melangkah.

2. Say no to baby walker. Karena alat bantu berjalan ini malah bisa menghilangkan minatnya untuk berjalan dan memperlambat perkembangan motoriknya. Selain itu juga baby walker juga rentan terbalik atau tergelincir. 

3. Saat si Kecil menangis karena terjatuh, segera angkat dan berikan pelukan. Tenangkan serta usap bagian tubuhnya yang terbentur untuk membuatnya lebih nyaman dan berhenti menangis. 

4. Pilih sepatu yang nyaman. Perhatikan alas kakinya dan pilih jenis yang ringan, fleksibel serta amtislip untuk mencegahnya tergelincir. 

5. Buang sikap overprotektif. Karena salah satu cara manjur melatih bayi berjalan yaitu memberinya kesempatan karena Si Kecil punya insting alami belajar, sesuai perkembangan usianya. 

Jangan lupa apresiasi setiap usaha di tiap tahap tumbuh kembang anak. Berikan pelukan, ciuman atau pujian selesai si Kecil berlatih. Bagaimana, sudah siap menstimulasi dan melihat langkah pertamanya?