Tips & Advice 29-40 Minggu

Tips dan Cara Mengatasi Stretch Mark Saat Hamil

Apa itu stretch mark?

Guratan kulit atau populer disebut stretch mark seringkali memang membuat Ibu hamil kurang percaya diri. Ini terjadi karena kulit Ibu hamil meregang dan menyebabkan robekan di lapisan dalam kulit.

Warna strecth mark bisa berbeda-beda, tergantung warna dan elastisitas kulit Ibu, yaitu bisa merah atau cokelat. Tak heran, sebagian orang juga menyebutnya dengan istilah tiger skin. Stretch mark paling banyak terjadi di bagian tubuh yang membesar saat kehamilan, seperti perut, payudara, paha, dan lengan atas.

Biasanya gejala strecth mark akan memudar saat usai proses melahirkan. Pelan-pelan garis-garis kulit ini akan memutih dan kembali ke warna kulit Ibu. Walau pun mungkin tidak hilang sama sekali, tetapi tidak akan terlihat jelas dan parah seperti saat hamil.

Guratan kulit selama hamil ini mungkin memang sulit dicegah. Tetapi, Ibu bisa mencoba tips berikut ini untuk membantu mengurangi:

  • Lakukan diet sehat berimbang selama kehamilan, dengan mengkonsumsi buah , sayuran segar, sereal, biji-bijian dan kacang-kacangan.
  • Minum cukup air
  • Naikkan berat badan secara perlahan dan tetap, agar kulit Ibu tidak meregang terlalu cepat
  • Lakukan latihan fisik ringan secara teratur untuk mengontrol kenaikan berat badan Ibu
  • Konsumsi vitamin E membantu kulit tetap kencang dan elastis. Ibu juga bisa gunakan krim atau minyak yang kaya vitamin E untuk memijat tubuh.

Bagaimana menghilangkan Stretch mark?

Pasti Ibu khawatir bila usai melahirkan nanti kulit Ibu tak lagi semulus dan secantik dulu. Jangan terlalu cemas. Ibu dapat melakukan perawatan kulit sederhana selama dan setelah kehamilan.

Coba gunakan pelembab sepert wheat germ oil, almond oil, krim vitamin e, dan cocoa butter. Caranya, lakukan pijatan lembut memutar di area kulit yang bermasalah. Tapi hati-hati saat memijat daerah sekitar perut ya, Bu. Jangan sampai terlalu kuat dan menimbulkan kontraksi

Tak perlu cemas berlebihan ya, Bu. Kecantikan Ibu akan semakin memancar karena bahagia memiliki si Kecil nanti. Percaya deh!