Alternate Text
Mom's Pedia 1-12 Minggu

Mengenal Perkembangan Janin Usia 11 Minggu

Perkembangan si Kecil

 

Wah, si Kecil sudah semakin berkembang lho, Bu. Panjangnya sudah mencapai 4 cm dan akan terus melesat di minggu selanjutnya. Kepalanya juga sudah berukuran setengah panjang badannya. Ini menunjukkan otaknya berkembang pesat. Paru-paru,hati dan ginjal kecilnya juga sudah mulai terbentuk. Lucunya, si Kecil juga sudah mulai dapat menghisap, menelan, bahkan menguap. 

Bayi Ibu juga mulai dapat ‘menghirup’ air ketuban dan buang air kecil. Jari-jari tangan mungilnya telah terpisah dan telapak tangannya dapat membuka, mengepal, dan menggenggam beragam benda dalam ketuban Ibu. Semua sistem organ tubuhnya juga telah berfungsi, namun akan terus berkembang menuju persiapan kelahirannya.

 

Ada Apa dengan Tubuh Ibu?

 

Saat kehamilan, begitu banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh Ibu. Namun, bukan berarti Ibu bebas mengkonsumsi semua jenis vitamin. Sebaiknya, konsultasikan kebutuhan vitamin kehamilan pada dokter kandungan. Karena bila mengkonsumsi vitamin yang salah dalam jumlah berlebih (seperti vitamin A dan D) justru berbahaya bagi Ibu dan si Kecil dalam kandungan.

Salah satu vitamin kehamilan (hyperlink...) yang wajib dikonsumsi adalah asam folat sampai usia kehamilan 12 minggu.

 

Tahukah Ibu?

 

Bagi Ibu bekerja, sebaiknya mulai mencari tahu mengenai prosedur cuti hamil. Tujuannya agar Ibu dapat mulai mendiskusikan jadwal cuti hamil dengan perusahaan. Selain itu, Ibu juga dapat mempersiapkan pending list pekerjaan, guna menghindari terganggunya cuti hamil karena urusan kantor.

Ingat ya Bu, saat awal usai persalinan dan kelahiran si Kecil, seluruh perhatian Ibu sebaiknya hanya terfokus untuk merawat dan mengenal buah hati tersayang.