Alternate Text
Mom's Pedia 13-28 Minggu

Melihat Perkembangan Janin Usia 15 Minggu

 

Perkembangan si Kecil

 

Wah, perut Ibu akan terlihat semakin membuncit indah saat ini. Si Kecil memang semakin berkembang dengan panjang berkisar 10 cm. Tulang-tulangnya mulai mengeras dan bulu-bulu halus (lanugo) tumbuh di kulitnya yang tipis dan transparan.

Lebih menggemaskan lagi, otot-otot mukanya telah mulai belajar berekspresi. Alisnya pun mulai terbentuk. Bentuk tubuhnya makin terlihat seperti bayi, dengan kaki yang lebih panjang dari lengannya. Tulang sendinya bahkan sudah mulai dapat bergerak. Tak hanya itu, si Kecil sudah mulai punya kesibukan baru di dalam sana. Ia suka menghirup dan mengeluarkan cairan ketuban, yang membantu perkembangan paru-parunya.

 

Ada Apa dengan Tubuh Ibu?

 

Produksi kelenjar ludah pada hamil 15 minggu memang cenderung meningkat. Ibu juga mudah terkena pilek. Kondisi hidung tersumbat ini dipicu oleh perubahan hormon dan peningkatan volume darah dalam tubuh Ibu.

Bila Ibu terserang pilek dan demam, jangan sembarang mengkonsumsi obat. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Selain itu, tingkatkan asupan cairan bagi tubuh.

 

Tahukah Ibu?

 

Banyak Ibu hamil merasa menjadi lebih pelupa dan kurang konsentrasi. Jangan khawatir, ini bukan berarti kinerja otak Ibu yang berkurang. Para ahli mengatakan hal ini disebabkan karena pikiran Ibu hamil seringkali dipenuhi kecemasan dan keingintahuan akan apa yang akan terjadi saat si Kecil lahir. Hadapi semua secara tenang dan alami. Bekali diri dengan informasi yang mencukupi agar Ibu merasa tenang. Salah satunya, dengan berbicara bersama Bebelac melalui Nutricia Careline (0800-1821059) atau email:careline@nutricia.com.