Tips & Advice 6-12 Bulan

Tips Mengatur dan mempersiapkan Makanan Pada Bayi


Mari Bersih - Bersih!


    • Saat hendak menyiapkan makanan untuk bayi, ayo lihat dulu tangan Ibu, apakah sudah bersih? Cucilah tangan Ibu dengan sabun dan air hangat, lalu keringkan dengan handuk bersih.

    • Selain tangan, pastikan juga bahwa semua peralatan memasak sudah benar-benar bersih, seperti mangkuk, sendok garpu, dan cangkir.


Tips Membeli dan Menyiapkan Bahan-Bahan Makanan



    • Saat membeli, selalu pilih buah dan sayuran yang paling segar. Sesampainya di rumah, cucilah buah dan sayuran tersebut. Kemudian, kupas seperlunya. Jangan lupa untuk menyingkirkan biji-bijinya ya Bu, supaya tidak tertelan saat bayi makan.

    • Untuk daging sapi atau ayam, pilihlah potongan yang lunak. Sebelum memasak, buanglah bagian yang berlemak. Ketika Ibu selesai memasaknya, singkirkan semua tulang yang ada. Semuanya adalah demi kesehatan dan kenyamanan bayi Ibu.

    • Ketika membeli ikan segar, tidak perlu sungkan untuk meminta pada si penjual agar membuang kulit, sisik, dan duri ikan. Periksa lagi apakah masih ada kulit dan duri yang tersisa setelah ikan selesai dimasak.

    • Harap perhatikan Ibu, hindari memberikan makanan yang tidak cocok untuk bayi


Ayo Mulai Memasak!

 

    • Hindari garam dan gula

Menambahkan garam pada makanan bayi tidak disarankan ya Bu. Kadar garam yang tinggi akan memaksa ginjal bayi yang masih kecil bekerja lebih keras. Gula juga sebaiknya dihindari, karena dapat merusak gigi bayi dan membuatnya ketagihan akan makanan manis.


    • Mengolah makanan dari daging

Daging sapi, ayam, dan ikan dapat dikukus, dipanggang, atau dimasak dengan menggunakan microwave. Kalau Ibu ingin menggoreng atau memanggangnya di oven, boleh-boleh saja, tapi jangan menambahkan minyak atau lemak terlalu banyak. Pastikan bahwa daging sapi dan ayam harus benar-benar matang secara merata, jangan sampai ada bagian yang masih berwarna kemerahan. Begitu pula dengan daging ikan, harus matang dan tidak boleh ada bagian yang masih kenyal, namun tetap mudah dipotong-potong dengan menggunakan sendok dan garpu.

 

    • Memasak buah dan sayuran

Cara mengolah buah dan sayuran bisa dengan dimasak di microwave, dikukus, atau direbus. Pilihan lainnya, Ibu juga bisa memasukkan beberapa buah seperti apel dan pir ke dalam oven. Dari beberapa metode tersebut, sebaiknya Ibu memilih untuk mengukus karena cara ini akan menjaga agar zat gizi yang terkandung tidak hilang. Untuk mengukus, Ibu tidak harus menggunakan pengukus atau dandang. Dengan wadah dengan lubang-lubang kecil dan panci bergagang berisi air beserta tutupnya sudah cukup kok.

 

Cara Menyajikan Makanan

 

    • Sebelum memberikannya pada bayi, makanan yang sudah selesai Ibu masak harus diblender untuk menghaluskannya sampai menjadi makanan lumat. Seiring dengan pertumbuhan bayi, Ibu boleh mulai membuat makanan menjadi lebih padat. Selain blender, Ibu juga bisa menggunakan garpu pencacah untuk menghaluskan makanan.

 

    • Ingat Ibu, jangan langsung menyodorkan makanan yang baru matang dan masih benar-benar panas. Biarkanlah dulu supaya menjadi hangat.