Alternate Text
Perkembangan janin 5 bulan
Mom's Pedia 13-28 Minggu

Ini Step by Step Pertumbuhan Janin di Trimester Kedua

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, bentuk janin akan terlihat semakin jelas. Pertumbuhan ini ditandai dengan organ, saraf, dan otot dalam tubuh janin yang mulai berfungsi. Simak tahapan pertumbuhan janin di trimester kedua berikut ini, yuk!

Minggu ke-13: Urin Mulai Terbentuk

Pertumbuhan janin di trimester kedua ditandai dengan produksi urin yang mulai terjadi. Urin tersebut akan dikeluarkan ke dalam kantung ketuban, lalu janin akan menelannya dan mengeluarkannya kembali ke dalam kantung ketuban sebagai cairan ketuban. Tulang janin juga mulai mengeras, terutama di bagian kepala dan tulang panjang.

Minggu ke-14: Jenis Kelamin Semakin Jelas

Leher janin sudah terbentuk, disertai perkembangan anggota tubuh bagian bawah. Sel darah merah juga mulai terbentuk pada limpa, dan jenis kelamin janin akan semakin jelas terlihat.

Minggu ke-15: Pola Rambut Mulai Terbentuk

Perkembangan tulang terus berlanjut dan semakin jelas saat dilihat melalui USG (ultrasonography). Pola rambut kulit kepala juga mulai terbentuk di pertumbuhan janin di trimester kedua ini.

Minggu ke-16: Pergerakan Bola Mata

Kepala janin sudah tegak, disertai bola mata yang mulai bergerak secara perlahan. Gerakan bayi juga sudah mulai terkoordinasi, sehingga bisa terdeteksi saat dilakukan pemeriksaan USG, meski belum terasa jelas oleh ibu.

Minggu ke-17: Kuku Jari Mulai Terbentuk

Kuku jari mulai terlihat dan janin semakin aktif bergerak.

Minggu ke-18: Janin Mulai Mendengar

Seiring dengan perkembangan telinga yang semakin proporsional, janin mulai bisa mendengar di usia kehamilan ini. Sistem pencernaan janin juga mulai berfungsi.

Minggu ke-19: Terbentuknya Vernix Caseosa

Vernix caseosa adalah sejenis substansi lemak yang menyerupai keju. Zat ini berfungsi untuk menutupi dan melindungi janin selama tiga bulan terakhir dalam kandungan. Jika bayi ibu berjenis kelamin perempuan, bagian uterus dan saluran Miss V sudah terbentuk.

Minggu ke-20: Pertengahan Kehamilan

Di usia pertengahan kehamilan, ibu sudah bisa merasakan pergerakan janin dalam kandungan. Aktivitas janin dalam rahim antara lain bangun dan tidur. Itu mengapa pergerakan kecil bisa saja membangunkan janin dalam kandungan. Ini merupakan bagian dari pertumbuhan janin 5 bulan di dalam kandungan.

Minggu ke-21: Janin Mengisap Jempol

Janin sudah ditutupi dengan rambut-rambut halus yang disebut lanugo. Rambut-rambut ini berfungsi untuk membantu memegang vernix caseosa dalam kulit. Refleks mengisap juga mulai berkembang, sehingga janin sudah bisa mengisap jempolnya.

Minggu ke-22:

Rambut janin mulai terlihat, termasuk rambut alis dan rambut di kepalanya. Jika janin berjenis kelamin laki-laki, testis mulai turun.

Minggu ke-23: Sidik Jari Mulai Terbentuk

Pergerakan mata janin mulai signifikan. Lengkungan pada jari tangan juga mulai terbentuk. Lengkungan inilah yang bisa menjadi cikal bakal sidik jari pada tangan. Janin juga mulai bisa cegukan, sehingga menyebabkan gerakan menyentak pada perut ibu.

Minggu ke-24: Kulit Janin Keriput

Kulit janin akan keriput dan berwarna merah jambu (pink) karena darah sudah terlihat di kapiler.

Minggu ke-25: Janin Merespons Suara

Di usia kehamilan ini, janin sudah bisa merespons suara dengan pergerakannya dalam kandungan.

Minggu ke-26: Paru-paru Mulai Berkembang

Paru-paru janin mulai berkembang dan memproduksi surfaktan, yaitu zat yang memungkinkan kantung udara di paru-paru untuk mengembang dan mencegahnya runtuh dan saling menempel ketika mengempis.

Minggu ke-27: Berakhirnya Trimester Kedua

Sistem saraf janin semakin berkembang. Berat badan janin mulai bertambah, sehingga membuat kulitnya semakin terlihat lembut.