Alternate Text
Kesehatan Ibu Hamil
Tips & Advice 13-28 Minggu

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil saat Berpuasa

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini, hampir semua muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Di bulan yang suci ini, Ibu hamil diberi keringanan untuk tidak menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan.

Sebelum memutuskan berpuasa saat hamil, ada baiknya jika ibu berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan. Selain itu, ibu juga harus memilih makanan bergizi dengan komposisi nutrisi seimbang dan minum cukup cairan saat sahur dan berbuka, agar tidak sampai mengalami dehidrasi.

Kekhawatiran yang biasanya muncul ketika ibu melaksanakan puasa ketika tengah hamil adalah, risiko kekurangan gizi bagi janin akibat perubahan jam makan dan berkurangnya porsi makanan yang dikonsumsi. Sebenarnya, menjaga kesehatan bagi ibu hamil tidak sulit, asalkan bisa tetap disiplin dalam pemilihan menu makanan sehat dan bergizi.

Saat berpuasa, sebenarnya rutinitas sahur dan berbuka membuat ibu tetap makan secara teratur, hanya saja jam makannya yang bergeser. Jumlah makanan yang dikonsumsi pun tidak jauh berbeda dari kondisi saat ibu sedang tidak berpuasa. Maka dari itu, sebenarnya puasa tidak akan membahayakan kesehatan si ibu dan janin yang berada dalam kandungannya, dengan syarat tubuh juga harus dalam kondisi sehat, dan asupan makanan bergizi tercukupi.

Namun demikian, ibu yang sedang dalam trimester pertama kehamilan sebaiknya tidak berpuasa. Menurut dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG., hal ini karena trimester pertama, kadar hormon kehamilan (beta-HCG) masih cukup tinggi. Akibatnya, ibu hamil kerap merasa mual, kembung, dan lemas. Kadar hormon beta-HCG akan berkurang jika ibu kerap buang air kecil. Dalam kondisi berpuasa, ibu akan sangat jarang buang air kecil secara teratur, sehingga kadar hormon beta-HCG dalam darah meningkat drastis.

Tips Berpuasa Saat Hamil

Saat bulan puasa, coba terapkan ini:

    • Sahur. Pada saat sahur sebaiknya ibu hindari makanan yang banyak mengandung karbohidrat sederhana, karena akan merangsang tubuh dalam memproduksi hormon insulin untuk membakar gula dalam darah. Akibatnya, kadar gula darah justru menurun dengan cepat, sehingga ibu cenderung merasa lemas, tidak bertenaga, dan pusing. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti pasta, roti gandum, dan sayur. Selain karbohidrat, ibu juga harus memenuhi kebutuhan protein harian ibu. Jangan lupa juga untuk minum susu sebagai sumber kalsium. Untuk menjaga kesehatan ibu hamil, ibu cukup penuhi kebutuhan nutrisi diatas serta lengkapi dengan vitamin dan mineral dengan memperbanyak konsumsi sayuran,buah-buahan segar, serta minum air mineral yang cukup agar tidak dehidrasi.
    • Berbuka Puasa. Pada saat ibu berbuka puasa, awali dengan makanan manis untuk mengembalikan kadar gula darah. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dalam jumlah tinggi yang mudah dicerna, seperti kurma, agar kadar gula darah yang turun setelah seharian berpuasa kembali normal. Selain itu, kurma juga mengandung zat besi yang membantu menjaga kadar hemoglobin dalam darah ibu hamil. Lanjutkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks saat makan malam. Tak hanya itu saja, untuk menjaga kesehatan Ibu hamil, tentunya si ibu juga harus konsumsi banyak cairan demi menjaga volume darah yang akan mengangkut oksigen dan zat gizi untuk janin dan mencegah sembelit.

Selalu konsultasikan dengan dokter kandungan mengenai kehamilan, pada saat menjalankan ibadah puasa.

Contoh Menu untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah contoh menu seimbang selama satu hari untuk ibu hamil yang menjalani puasa (2300 Kalori) agar tercukupi asupan nutrisinya.

Menu Sahur

    • 1 piring nasi
    • 1 potong ayam + 1 potong tahu
    • 1 mangkuk sayur
    • 1 piring buah

Menu Buka Puasa

    • 1 gelas jus buah
    • 1 potong camilan, misalnya kue lapis atau kroket

Menu Makan (setelah Maghrib)

    • 1 piring nasi
    • 1 potong daging + 2 potong tempe
    • 1 mangkuk sayur
    • 1 piring buah

Menu Makan Malam

    • 1 piring nasi
    • 1 butir telur
    • 1 mangkuk kacang-kacangan
    • 1 mangkuk sayur

 

Manfaat beberapa kandungan yang ada dalam menu makanan diatas:

Karbohidratkompleks

Karbohidratkompleks seperti nasi, kentang, sereal dan gandum memilik peran penting untuk memasok energi untuk tubuh.Selain bermanfaat memberikan pasokan energi, karbohidrat kompleks membuat kenyang lebih lama karena memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga akan memberikan energi maksimal dan membuat Ibu merasa kenyang lebih lama.

Protein

Nutrisi ibu hamil yang tak kalah penting  untuk menjaga kesehatan ibu hamil saat berpuasa adalah protein. Ketika sedang hamil, Ibu akan membutuhkan banyak protein setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tentunya bisa diperoleh  dari daging, ikan, tahu, tempe, kerang, telur, susu, dan yoghurt. Kebutuhan protein Ibu akan tercukupi bila setiap hari Ibu mengonsumsi protein dalam jumlah yang tepat. Untuk menjaga kesehatan Ibu hamil,  Ibu juga harus memenuhi kebutuhan protein harian Ibu dan Si Kecil. Penuhi kebutuhan protein harian Ibu dengan daging, ayam, telur , tahu, serta kacang-kacangan.

Vitamin dan Mineral

Menjaga kesehatan ibu hamil bisa juga dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral ibu pada saat berpuasa. Sayur dan buah-buahan merupakan sumber vitamin alami untuk menjaga kesehatan ibu hamil lho. Beberapa manfaat vitamin dan mineral seperti  Asam folat yang berfungsi untuk mencegah terjadinya neural tube defect(NTD), yaitu cacat pada sistem saraf bayi, selain itu zat besi juga berfungsi dalam pembentukan sel-sel darah merah, karena sel darah merah ini lah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Vitamin D dan Kalsium juga baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Ibu yang sedang hamil juga bisa mendapatkan vitamin dan mineral dari berbagai macam sayuran hijau seperti bayam, brokoli serta sawi hijau. Tak hanya sayuran hijau saja, buah-buahan juga bisa dikonsumsi demi mengisi kebutuhanserat, vitamin, dan mineral bagi tubuh, biasanya para ibu hamil akan lebih banyak mengonsumsi semangka, jeruk dan mangga.

Kalsium

Selain memenuhi nutrisi yang telah disebutkan di atas tadi, ibu juga perlu memenuhi kebutuhan kalsium demi menjaga kesehatan. Kalsium adalah salah satu zat  yang penting untuk pembentukan dan ,menjaga kepadatan tulang dan gigi . Di masa kehamilan Ibu perlus memenuhi kebutuhan asupan kalsium yang cukup agar kepadatan tulang dan gigi tetap terjaga.  Ibu bisa mendapat kalsium dari produk olahan susu seperti susu, yogurt dan keju serta kacang almond, tahu dan sayuran hijau.