Tips & Advice Balita

5 Penyebab Anak Rewel Ketika Disuruh Makan dan Cara Mengatasinya

Memiliki anak adalah momen yang membahagiakan. Proses tumbuh kembang anak sangat penting karena tidak bisa diulang kembali. Oleh karena itu, biasanya ibu akan memberikan yang terbaik untuk si Kecil. Ibu akan mulai memperhatikan jam tidur, kebersihan anak, sampai makanan anak.

Namun, tidak semua anak bisa menerima semua tipe makanan dengan lahap dan mau mengonsumsi berbagai ragam jenis makanan. Ada saja anak yang rewel ketika disuruh makan dan susah jika diajak makan. Berikut beberapa penyebab anak rewel ketika disuruh makan dan cara mengatasinya yang perlu Ibu ketahui.

Belum Terbiasa dengan Menu Makanan Baru

Menu makanan baru membuat si Kecil rewel saat disuruh makan. Memperkenalkan menu makanan baru memang diperlukan agar si Kecil tidak mudah cepat bosan dengan makanan yang ada. Setelah melewati usia 6 bulan, si Kecil sudah bisa mengonsumsi MPASI, namun jangan terburu-buru memberikan MPASI kepada si Kecil karena si Kecil dalam tahap transisi dari makanan yang berbentuk cair (ASI) ke makanan yang bentuknya lebih padat seperti MPASI.

Ibu bisa memberikan MPASI secara perlahan karena si Kecil baru belajar mengonsumsi makanan padat. Jika Ibu ingin memberikan sayur-sayuran kepada si Kecil, pastikan Ibu memotong sayur dalam potongan kecil agar mudah dicerna si Kecil Namun, si Kecil mungkin akan merasa asing dengan makanan yang baru Ibu kenalkan kepadanya. Ketika si Kecil sudah terbiasa dengan makanan dengan tekstur lembut seperti bubur, Ibu bisa mengenalkan tekstur yang lebih keras seperti nasi tim sebelum memberikan si Kecil nasi.

Tumbuh Gigi

Tidak banyak yang tahu bahwa salah satu penyebab anak rewel disuruh makan adalah karena si Kecil baru tumbuh gigi. Pada saat proses tumbuh gigi pada si Kecil tentu akan membuat rasa tidak nyaman pada sekitar area mulut dan gusi. Oleh karena itu, perlu untuk memberikan makanan bertekstur lembut seperti bubur jika si Kecil baru tumbuh gigi karena si Kecil mungkin akan kesulitan memakan makanan dengan tekstur yang keras atau padat.

Bosan dengan Makanan

Penyebab anak rewel ketika disuruh makan adalah karena anak bosan dengan menu makannya. Meskipun si Kecil masih balita, nantinya ia akan cepat merasa bosan jika Ibu memberikan makanan yang sama setiap hari, tentunya Ibu harus membuat menu makanan yang bervariasi agar si Kecil pun tertarik saat jam makan.

Sakit

Penyebab anak rewel yang umumnya terjadi adalah karena si Kecil sakit. Saat si Kecil sakit, anak akan kehilangan nafsu makan. penyakit seperti flu tentu akan membuat si Kecil lesu dan kehilangan nafsu makan. Oleh karena itu, jika si Kecil sakit Ibu harus memilih menu makan yang si Kecil suka dan coba untuk memberikan menu sup atau bubur. 

Perilaku Makan Orang Tua

Ternyata apa yang orang tua makan juga berpengaruh kepada perilaku makan si Kecil. Dalam masa pertumbuhan si Kecil akan melihat dan meniru perilaku orang tua. Menurut data dari departemen kesehatan Indonesia, sebanyak 93,5 % orang yang berusia di atas 10 tahun kekurangan kebutuhan serat harian.Data juuga menunjukan bahwa 9 dari 10 anak Indonesia usia 1-3 tahun kekurangan asupan serat harian.

Jika orang tua menunjukkan tidak suka memakan jenis sayuran tertentu seperti misalnya brokoli, si Kecil juga akan mencontoh untuk tidak suka atau tidak mau memakan brokoli juga. Oleh karena itu, Jika Ibu ingin si Kecil tidak pilih-pilih makanan  untuk bisa memenuhi kebutuhan serat hariannyaatau rewel saat memilih makanan, orang tua juga harus memberikan contoh untuk tidak pilih-pilih saat makan

 

Itulah 5 penyebab anak rewel ketika disuruh makan.Ketika anak susah makan, ia akan beresiko kekurangan nutrisi. Untuk itu, ibu bisa mensiasati dengan melakukan variasi makanan yang menarik dan melengkapi dengan susu yang mengandung nutrisi penting dan kaya serat.

Ibu juga bisa bantu melengkapi kebutuhan nutrisi dan serat harian si Kecil dengan Bebelac Gold 3: 1-5tahun Advansfibre yang diperkaya dengan FOS:GOS 1:9 yang tinggi serat.

Bebelac Gold juga mengandung fish oil dengan Omega-3 dan Omega-6, dan 13 vitamin dan 7 mineral yang dapat membantu tumbuh kembang anak sehingga si Kecil bisa menjadi anak hebat. Bebelac Gold dapat diminum 3 kali sehari untuk membantu memenuhi kurang lebih (atau tanda plus minus) 50% kebutuhan serat harian si Kecil.