MPASI bayi 6 bulan
Mom's Pedia 6-12 Bulan

Ketahui MPASI Untuk Bayi 6 Bulan

Air susu ibu (ASI) adalah asupan nutrisi terbaik yang seharusnya diterima oleh seorang bayi hingga mencapai usia 2 tahun. Namun, ketika usianya telah mencapai 6 bulan, maka ada baiknya untuk memberikan nutrisi tambahan berupa makanan pendamping ASI (MPASI).

Dengan memberikan MPASI kepada si kecil, maka ia akan berpotensi tumbuh menjadi anak hebatAnak hebat itu pintar tidak hanya dari sisi intelegensi (IQ)semata, namun juga pintar dari sisi emosional (EQ) seperti memiliki rasa peduli terhadap sekitar dan cepat tanggap saat mendapat informasi baru dari lingkungan.

Usahakan untuk tidak terlambat mengenalkan si kecil dengan MPASI. Untuk memastikan hal ini, Ibu bisa memerhatikan beberapa kelakukan baru yang dilakukan oleh si kecil.

Berikut ciri-ciri fisik ketika si kecil telah siap menerima MPASI:

  • Bayi telah mampu memperlihatkan kerja mata, mulut, serta tangan dengan lebih teratur.
  • Bayi telah mampu menjangkau dengan benda serta memasukkannya ke dalam mulutnya.
  • Bayi telah menunjukkan rasa ketertarikan serta penasarannya pada makanan yang dikonsumsi oleh orang sekitarnya.

Nah, pasti Ibu ingin si kecil tumbuh jadi anak hebat, kan? Maka dari itu, penuhi semua kebutuhan nutrisi harian sejak dini secara terjadwal. 

Sebagian ibu mungkin masih merasa bingung untuk merencanakan menu sehat buat si kecil yang berusia 6 bulan. Kalau tidak direncanakan atau dijadwalkan dengan baik, bisa-bisa si kecil rewel karena lapar. Akibatnya, ibu akan kesulitan membentuk rutinitas pola makannya.

Jadi, agar ibu lebih gampang menyiapkan MPASI buat si kecil setiap hari, ada baiknya untuk menjadwalkan jam pemberian makannya.

Di bawah ini jadwal pemberian MPASI untuk bayi 6 bulan:

No

Jam

Bentuk Makanan

Jumlah

1

06.00

 ASI

Sekehendak bayi

2

09.00

Bubur,  buah/sari  buah,

 2-3 sendok makan secara bertahap tingkatkan perlahan  sampai ½  gelas/mangkuk ukuran 250 ml tiap kali makan atau sekitar 125 ml  MPASI tiap kali makan.

3

12.00

 

Sekehendak bayi

4

15.00

Bubur,  buah/sari  buah,

2-3 sendok makan secara bertahap tingkatkan perlahan  sampai ½  gelas/mangkuk ukuran 250 ml tiap kali makan atau sekitar 125 ml  MPASI tiap kali makan.

5

18.00

ASI

Sekehendak bayi

6

21.00

ASI

Sekehendak bayi

Seperti yang bisa dilihat pada tabel, makanan pendamping ASI berbentuk lumat bisa diberikan 2-3 kali sehari dengan makanan selingan berupa buah atau biskuit sebanyak 1-2 kali sehari. Jumlah takaran 2-3 sendok secara bertahap hingga mencapai ½ gelas atau 125 ml setiap kali makan.

MPASI yang diberikan berupa makanan lumat seperti daging,ikan, telur, tahu, tempe, serta buah yang telah dilumatkan atau disaring. Sebagai contoh, tomat saring, pisang lumat halus, serta pepaya lumat atau air jeruk manis.

Untuk jenis bubur, Ibu dapat membuat bubur susu maupun bubur ASI. Secara bertahap teksturnya bisa diganti makanan yang lembut atau dicincang, sehingga memudahkan bayi untuk menelan. 

Dengan mengenalkan beragam jenis makanan, baik yang mengandung sumber protein, kalsium, zink, zat besi, buah atau sayur yang mengandung vitamin A, vitamin C, serta float, maka hal ini akan membantu mendukung asupan nutrisi sang buah hati.

Menu MPASI untuk Bayi 6 Bulan

Berikut ini beberapa menu MPASI untuk bayi 6 bulan yang sebaiknya diberikan. Apa saja? Berikut ulasannya:

Bubur dari Pisang

Pisang memang memiliki beragam manfaat dan hampir semua orang menyukainya. Sebagai bahan makanan pendamping, buah yang satu ini dapat dijadikan bubur. Pasalnya, teksturnya yang lembut tidak akan membuat Ibu kerepotan.

Cukup mengambil sedikit demi sedikit menggunakan sendok dan lumatkan sebelum menyuapkannya ke bayi. Beragam kadungan nutrisi dari buah ini antara lain vitamin A, fosfor, asam folat, serta kalsium.

Bubur dari Pepaya

Sama seperti pisang, pepaya juga efektif diberikan kepada si kecil. Kandungan enzim papainnya akan membantu melancarkan proses pencernaan sang buah hati. Sementara kandungan kalsium serta zink dalam pepaya akan berguna untuk membentuk dan menjaga kesehatan tulangnya.

Tidak hanya itu, ada pula zat besi serta asam folat yang efektif dalam membantu proses perkembangan otaknya.

Bubur dari Alpukat

Apabila Ibu ingin mengenalkan berbagai macam rasa kepada si kecil, tidak ada salahnya untuk memberiannya alpukat. Selain tekstur yang lembut, buah ini juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, serta magnesium. Kandungan nutrisi di dalam alpukat juga efektif meningkatkan daya tahan tubuh serta kemampuan motoriknya.

Nasi Tim

Sebagai variasi, Ibu bisa mencoba nasi tim sebagai MPASI. Sebab penyajian nasi tim terbilang mudah. Bahan dasar yang dibutuhkan pun hanya beras, santan, serta garam secukupnya. Ibu juga bisa menambahkan gizi yang bisa didapatkan dari bayam, wortel, atau ikan.

Nah, jika Ibu memberikan MPASI pada bayi usia 6 bulan sesuai jadwal secara rutin, maka keadaan ini akan lebih mudah membentuk pola makannya secara rutin serta mengoptimalkan perkembangan fisik dan mental si kecil. Dengan tubuh yang sehat si kecil pun akan tumbuh menjadi aktif dan pintar.