Tips & Advice Pre-Kehamilan

Kenali Tanda Awal Kehamilan

Setelah rutin melakukan berbagai upaya untuk hamil bersama pasangan,  Mari kenali beberapa tanda awal kehamilan ini sebelum Ibu pastikan lebih lanjut ke dokter.

 

Terlambat Datang Bulan

Ini tanda awal yang paling jelas.  Jika sebelumnya menstruasi Ibu selalu teratur dan kali ini telat, wah mungkin ini saatnya untuk melakukan tes uji kehamilan. Little bit nervous, right? No worries, Mom!

 

Gejala Klasik Kehamilan? Morning Sickness!

Dampak morning sickness pada setiap Ibu berbeda. Bisa berupa mual ringan, hingga muntah sepanjang hari. Biasanya, gejala ini akan mulai terlihat setelah beberapa minggu terjadinya pembuahan.  Tapi, kadang bisa juga terjadi dalam hitungan hari lho, Bu.


Meski banyak Ibu mengalami morning sickness, tapi ada juga yang tak mengalaminya sama sekali. Perlu diketahui juga, meski namanya morning sickness tapi kenyataannya kondisi mual dan muntah pada Ibu hamil tak hanya terjadi di pagi hari.  Ibu bahkan bisa merasakannya sepanjang hari. 


Bolak-Balik ke Toilet

Dalam satu jam, kok saya sampai empat kali buang air kecil? Wah, bisa jadi ini pertanda awal kehamilan yang harus Ibu waspadai. Perubahan hormon kehamilan yang sedang terjadi dalam tubuh Ibu lah yang jadi penyebabnya.


Lebih Mudah Lelah

Salah satu keluhan yang banyak terjadi pada awal kehamilan adalah perasaan lelah luar biasa. Ini terjadi karena produksi hormon progesteron dalam tubuh Ibu meningkat. Jika Ibu merasa sebenarnya tak ada alasan jelas mengapa Ibu merasa sangat kelelahan, cobalah ingat kembali apakah Ibu mengalami juga salah satu tanda-tanda kehamilan tersebut di atas? Jika ya, cobalah lakukan tes uji kehamilan.


Rasa Unik di Mulut

Beberapa Ibu seketika merasakan cita rasa unik di mulutnya, mirip seperti rasa besi. Seringkali perasaan ini membuat Ibu tidak menyukai makanan atau minuman tertentu, yang mungkin biasanya rutin Ibu konsumsi. 


Ngidam dan Hilang Nafsu Makan

Tiba-tiba Ibu mual saat mencium bau makanan tertentu? Atau justru sebaliknya malah sangat ingin makan makanan khusus tertentu? Gejala ini juga sering terjadi pada Ibu yang baru memasuki masa kehamilan lho, Bu.  Semua lagi-lagi karena lonjakan perubahan hormon dalam tubuh Ibu.


Perubahan Pada Payudara

Saat mandi, Ibu heran melihat aerola payudara Ibu yang terlihat membesar dan warnanya menggelap? Atau payudara terasa lebih kencang dari biasa? Ini juga termasuk dalam tanda awal kehamilan.


Ayo, Pastikan dengan Tes Uji Kehamilan

Setelah merasa mengalami tanda-tanda awal seperti di atas dan mungkin juga telah melakukan uji kehamilan di rumah, kini saatnya ke dokter untuk memeriksakan diri. Pastikan lebih lanjut tentang kondisi tubuh Ibu yang sebenarnya. Termasuk jika tes kehamilan Ibu negatif padahal sejumlah tanda awal kehamilan telah terjadi.