Alternate Text
Tips & Advice Balita

Menjaga Gigi Balita Tetap Sehat

Siapa yang tak terpesona melihat senyum ceria dengan deretan gigi susu yang sehat? Selain sedap dipandang, gigi sehat juga akan membuat si Kecil dapat menguyah makanannya dengan sempurna.


Sayangnya, begitu banyak anak kecil yang mengalami kendala gigi rusak dan berlubang. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan konsumsi makanan manis.


Pertumbuhan gigi si Kecil dimulai sejak usia 6 bulan dan akan lengkap hingga ia menginjak usia 2.5 tahun. Ibu pasti akan gemas saat melihat gigi putihnya muncul satu demi satu. Seiring pertumbuhan giginya, Ibu pun mulai dapat memperkenalkan aneka tekstur makanan secara bertahap.


Agar pertumbuhan dan kesehatan giginya selalu terjaga, biasakan untuk merawat gigi sejak dini. Sejak awal, jangan biasakan untuk sering memberikan makanan manis, seperti permen atau coklat. Jenis makanan ini paling mudah menciptakan ketagihan pada si Kecil dan berakibat buruk pada gigi, antara lain masalah gigi keropos dan bolong. Sejak dini, biasakan ia mengonsumsi makanan dan minuman sehat dengan kadar gula rendah.


Sebenarnya, tidak sulit lho Bu menjaga kesehatan gigi si Kecil. Banyak hal-hal sederhana yang sebenarnya cukup dijadikan kebiasaan. Coba deh beberapa tips perawatan gigi berikut:


    • Hindari makanan yang banyak mengandung gula.

    • Jika ingin memberikan makanan manis, berikan secara bertahap.

    • Latih si Kecil mengunyah dengan baik sehingga ia tidak terbiasa mengemut makanan dalam mulutnya.

  • Pastikan juga Anda membersihkan giginya setiap habis makan, agar kebersihan giginya tetap terjaga.

​​

Read less...