Alternate Text
Tips & Advice 6-12 Bulan

Tips Mengenalkan Makanan Baru Pada Bayi

Bagaimana Cara Mengenalkan Makanan Baru pada Bayi?


Tentu Ibu tahu, belajar adalah proses yang membutuhkan waktu. Tidak terkecuali dengan belajar makan. Jadi, Ibu jangan bosan untuk bersabar ya, ketika bayi melatih kemampuannya untuk memindah-mindahkan makanan di dalam mulutnya dan mengunyah. Buatlah agar suasana belajar makan menjadi menyenangkan!


Kesukaan dan selera bayi pada makanan terbentuk pada tahun pertama. Karenanya, penting lho Bu memberikan  variasi menu pada masa ini. Ketika memasuki usia dua tahun, bayi bisa dibilang telah memiliki pilihan yang relatif tetap dan konsisten terhadap apa yang dimakannya hingga menginjak usia sekitar delapan tahun.


Dalam proses mengenalkan rasa dan tekstur baru, akan ada saat-saat dimana bayi menunjukkan keengganannya. Mungkin saja bisa dibutuhkan upaya sebanyak 15 kali sampai akhirnya bayi menyukai makanan baru yang diberikan. It's quite an effort, but don't give up Moms!


Ayo coba beberapa tips berikut:


    • Ketika bayi sedang bersemangat dan merasa gembira, inilah saat yang tepat untuk mengenalkannya dengan makanan baru. Saat santai di pagi menjelang siang adalah waktu yang baik untuk melakukannya. You can set your clock if you like.

    • Mengenalkan makanan baru ketika bayi sedang sangat menginginkan susu adalah momen yang tidak tepat. Berikan dulu yang diinginkannya, yaitu susu. Tetapi kurangi menjadi separuh dari jatah susu biasanya, sehingga perutnya masih mampu untuk menerima makanan lain.  

    • Jangan heran bila bayi sering menolak makanan tak dikenal yang Ibu berikan. Lalu, apa yang bisa Ibu lakukan? Cobalah meletakkan segumpal makanan baru pada meja atau nampan. Biarkan saja jika bayi melihat dan meremas gumpalan makanan itu, sebelum Ibu menyuapinya dengan sendok.

    • Tips makan bayi lainnya bila ia menolak makanan baru adalah mengombinasikannya dengan makanan yang Ibu tahu memang disukai bayi.

 

    • Bayi Ibu terlihat ingin menguasai sendok yang Ibu gunakan? Biarkan saja dia memegangnya. Ibu justru bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengarahkan sendok ke mulut bayi dan menyuapkan makanan. Sebagai alternatif, Ibu bisa menggunakan dua sendok. Berikan satu sendok pada bayi agar ia dapat bermain-main dengan leluasa. Sedangkan satu sendok lainnya Ibu gunakan untuk menyuapkan makanan. Just have fun with all the mess!