mainan anak cerdas
Tips & Advice Balita

Tips Memilih Mainan Supaya Anak Cerdas

Para orangtua pasti menginginkan anaknya menjadi cerdas. Salah satu cara untuk menstimulasi anak agar cerdas adalah dengan memberikannya mainan yang menunjang hal tersebut. Dengan memberikan mainan yang tepat, dapat membantu anak untuk meningkatkan kecerdasannya. Walau begitu, tidak semua orangtua mengetahui cara memilih mainan yang tepat untuk mengembangkan kecerdasan anak.

Disebutkan bahwa pemilihan mainan tergantung pada kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki anak. Ketika seorang anak menikmati sebuah mainan, ia akan mendapatkan sebuah pengalaman yang berharga sebagai pembelajaran. Sesuatu yang menurut anak-anak menarik akan membuatnya belajar suatu hal. Semakin variatif mainan yang mereka mainkan, semakin banyak pelajaran yang dapat diambil.

Untuk para orangtua, harus selalu memilih mainan yang sesuai dengan usia anak. Ketika ibu memberikan mainan yang sulit ia mengerti, ia akan menjadi frustasi dan meninggalkan mainan tersebut. Selalu amati kesukaan, minat, dan tingkat kemampuannya untuk hasil yang maksimal.

Berikut adalah beberapa fase pada usia anak yang perlu dipertimbangkan untuk memilih mainan yang tepat pada anak-anak:

Untuk Usia 0-6 Bulan

Untuk anak dengan rentang usia ini, fungsi penglihatan dan pendengarannya sudah mulai berkembang. Selain itu, Si Kecil juga sudah mulai melihat dan mengikuti sebuah benda yang bergerak. Bayi akan berpaling ketika mendengar suara yang menarik perhatiannya dan mulai memegang mainan. Mainan yang dapat bermanfaat adalah yang memiliki warna mencolok, sehingga dapat mengembangkan penglihatan bayi.

Untuk Usia 7-12 Bulan

Ketika bayi sudah mulai agak besar, ia akan sering bergerak. Gerakan seperti duduk, merangkak, hingga berdiri akan dilakukannya. Bayi pada rentang umur ini sudah mulai mengerti apabila namanya dipanggil dan akan meracau beberapa kata yang sering terdengar olehnya. Ketika bayi telah masuk umur tersebut, kemampuan motoriknya sudah terangsang.

Maka dari itu, anak berusia 7-12 bulan membutuhkan mainan yang dapat meningkatkan interaksinya, seperti boneka atau robot. Melalui mainan, anak dapat diajak berkomunikasi yang dapat meningkatkan kemampuannya berbahasa dan mengekspresikan diri.

Untuk Usia 1-2 Tahun

Ketika anak ibu sudah memasuki usia ini, anak sudah dapat berdiri dan mulai berjalan. Selain itu, anak juga mulai belajar mengucapkan suatu kata yang memiliki makna dan bermain dengan anak-anak lainnya. Permainan yang dapat ibu berikan pada anak dengan rentang usia ini adalah buku cerita, musik dan lagu, serta alat gambar yang cocok untuk anak beserta kertasnya. Selain itu, permainan lainnya yang dapat bermanfaat adalah mainan binatang dari plastik, telepon, boneka beserta stroller, dan kolam renang kecil.

Untuk Usia 2 Tahun

Pada anak dengan rentang usia 2 tahun, kemampuan bahasanya telah berkembang dan lebih menyukai kegiatan fisik. Berbagai permainan yang dapat meningkatkan keterampilan anak dengan usia 2 tahun adalah mainan yang mempunyai bentuk dan warna, seperti set konstruksi, alat transportasi, boneka, dan lain-lain.

Untuk Usia 3-6 Tahun

Anak dengan usia ini akan lebih banyak berbicara dan bertanya. Anak-anak ini sudah dapat memainkan permainan dengan bermacam aturan. Mainan yang cocok dengan anak dengan rentang umur ini adalah puzzle, lego, dan permainan lain dengan keterampilan khusus. Permainan set konstruksi, set transportasi, dan boneka dapat meningkatkan imajinasinya. Peralatan menggambar juga dapat melatih kemampuan motornya.

Itulah permainan yang cocok untuk anak-anak agar dapat meningkatkan kecerdasannya. Dengan dukungan dari orangtua, pemilihan mainan yang tepat akan sangat mendukung masa depannya kelak.