Alternate Text
Mom's Pedia 29-40 Minggu

Melihat Perkembangan Janin Usia 40 Minggu

 

Perkembangan si Kecil

 

Phew, waktu yang dinanti selama ini hampir tiba! Setelah selama 9 bulan si Kecil tumbuh dan berkembang dalam perut Ibu, saat ini tubuhnya telah memiliki lebih dari 100 juta sel. Sungguh sebuah keajaiban! Saat lahir nanti, berat bayi biasanya berkisar antara 3,2 – 3,5 kg dan panjang 48 – 52 cm. Saat ini, ia makin kesempitan di dalam rahim Ibu dan hanya bisa sedikit menggeserkan tubuhnya. Sabar ya, sebentar lagi kau bisa bermain di luar, sayang!

 

Ada Apa dengan Tubuh Ibu?

 

Saat kepala bayi sudah terkunci di pinggul Ibu, biasanya rasa sesak akan sedikit berkurang. Paru-paru Ibu kembali mendapat sedikit tambahan ruang untuk bernafas. Ibu juga harus mulai waspada terhadap tanda-tanda melahirkan, seperti keluarnya bercak darah atau lendir kemerahan dari vagina Ibu. Kontraksi dalam perut Ibu juga terasa makin sering. Tapi ingat, jangan panik. Tetaplah tenang dan atur nafas perlahan. Usahakan Ibu tidak membuang energi berlebihan yang justru sangat dibutuhkan saat proses melahirkan nanti.

Jika Ibu ingin tahu lebih banyak tentang tanda-tanda melahirkan, silahkan simak informasi pada bagian persalinan dan kelahiran (hyperlink...) di situs Bebeclub.

 

Tahukah Ibu?

 

Bila si Kecil belum juga lahir hingga tanggal perkiraan kelahirannya, jangan sedih dan panik. Ternyata hanya sekitar 5% bayi yang lahir tepat waktu. Selebihnya, terlambat satu hingga dua minggu. Konsultasikan saja hal ini dengan dokter kandungan. Selamat menyambut kehadiran sang buah hati. Kami tunggu kabar bahagia dari Ibu dan keluarga!