Mom's Pedia 13-28 Minggu

Kenali Perkembangan Janin Usia 17 Minggu

 

Perkembangan si Kecil

 

Wah, ginjal si Kecil telah berfungsi dengan baik saat ini. Bayi mungil berukuran panjang sekitar 13cm dan berat 140 gram ini, ternyata mulai buang air kecil secara teratur setiap hari. Tak perlu khawatir ia akan menelan air seninya. Tubuh Ibu secara alami telah menyaringnya melalui plasenta.

Satu lagi kepintaran barunya di minggu ini, Ia sudah mulai dapat mendengar suara keras yang berasal dari dunia luar. Nah, ini saat tepat bagi Ibu untuk mulai mendengarkan lagu-lagu buat si Kecil.

 

Ada Apa dengan Tubuh Ibu?

 

BAB tidak teratur memang biasa terjadi pada masa kehamilan. Ini disebabkan oleh peningkatan produksi hormon progesteron yang mengurangi pergerakan otot sistem pencernaan. Diet sehat kaya serat dapat membantu mengatasi kondisi ini.

Coba saja Ibu biasakan mengkonsumsi buah dan sayuran secara teratur. Bila perlu jadikan sebagai kudapan ringan di tengah aktivitas sehari-hari. Menambahkan buah pada sarapan sereal di pagi hari juga salah satu tips yang patut Ibu coba. Selain itu, jangan lupa minum 6-8 gelas air dalam sehari.

 

Tahukah Ibu?

 

Selain emosi yang cenderung naik turun, hormon kehamilan juga membuat sejumlah jaringan tubuh melembut. Jangan kaget bila gusi Ibu lebih mudah berdarah saat sikat gigi. Untuk mengatasinya, coba gunakan sikat gigi yang lembut. Tapi, jika gejala gusi berdarah cukup sering Ibu alami, sebaiknya konsultasikan hal ini ke dokter gigi.

Anggap saja sebagai alasan untuk berganti penampilan saat hamil. Menyenangkan lho!