Tips & Advice Balita

Cara Mengatasi Anak Malas Sekolah

Tahun ajaran baru sudah mulai. Ibu pasti sudah mempersiapkan kebutuhan sekolah si Kecil supaya si Kecil semangat ke sekolah. Namun, tanpa diduga, tiba-tiba si Kecil mogok, tidak mau sekolah.  Lalu bagaimana mengatasi si Kecil yang tiba-tiba mogok sekolah?

Dengarkan Perasaan Si Kecil

Sebaiknya tidak perlu memarahi si Kecil saat dia mogok sekolah, lebih baik ajak si Kecil bicara dari hati ke hati. Mungkin si Kecil punya alasan tertentu. Jika alasan si Kecil karena merasa tubuhnya kurang sehat, Ibu bisa memahaminya. Namun Ibu bisa menggali lebih dalam, apa yang sebenarnya dia rasakan saat bersekolah. Apakah si Kecil ketinggalan pelajaran tetapi tidak tahu bagaimana mengatasinya atau ada masalah dengan teman-teman sekolahnya. Dengan mendengarkan perasaan si Kecil, Ibu akan bisa mencari jalan keluarnya.

Bicarakan Dengan Pihak Sekolah

Jika penyebab si Kecil mogok sekolah karena faktor lingkungan sekolah dan pertemanan, Ibu bisa bicarakan dengan pihak sekolah mengenai apa saja yang terjadi di dalam kelas dan bagaimana pola pertemanan antara si Kecil dengan teman-temannya. Misalnya, takut pada temannya yang pengganggu, merasa tidak diperhatikan oleh guru, merasa tidak mampu menangkap apa saja yang diberikan oleh gurunya atau  lama-kelamaan si Kecil merasa tidak ada yang menarik di sekolah sehingga membuat si Kecil merasa bosan dan malas ke sekolah.  

Latih Keterampilan Sosial Sederhana

Ibu bisa mengajarkan kepada si Kecil bagaimana menyatakan keinginannya di sekolah kepada teman atau guru. Baik menyatakan keinginan untuk bermain bersama teman atau aktif di kelas, atau menyatakan sesuatu yang tidak diinginkannya atau yang tidak menyenangkan. Selalu ingatkan si Kecil bahwa jika ada yang menggangunya, ia bisa melaporkan kejadian itu kepada gurunya.