Tips & Advice 13-28 Minggu

Ngidam Pada Ibu Hamil

Ngidam Pada Ibu Hamil

Tengah malam tiba-tiba Ibu sangat ingin makan gado-gado? Sekilas terdengar tidak masuk akal ya, tapi itu bisa terjadi pada Ibu hamil.

Ngidam memang menjadi salah satu topik hangat saat Ibu memasuki masa kehamilan . Sejumlah teori mengatakan bahwa ngidam sebenarnya menggambarkan kebutuhan bayi akan nutrisi tertentu. Lonjakan hormon kehamilan juga bisa menjadi penyebabnya.

Beberapa jenis makanan yang biasanya dicari Ibu hamil saat ngidam, antara lain adalah snack gurih, buah segar dan asam, makanan pedas, hingga segala camilan serba manis. Selama yang Ibu inginkan masih termasuk kategori makanan sehat bernutrisi, silahkan ikuti keinginan ngidam saat hamil.

 

Waspadai Ngidam PICA

Tapi, tak semua ngidam masuk kategori normal dan boleh diikuti ya, Bu. Sebagian kecil Ibu mengalami ngidam PICA yaitu keinginan mengkonsumsi benda yang bukan makanan. Sebut saja seperti kelupasan cat, bubuk pembersih, hingga paper clip.

Ngidam jenis ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika ternyata Ibu mengalami ngidam jenis PICA, Jangan diikuti yah Bu. Sebaiknya segera temui dokter kandungan untuk konsultasi lebih lanjut. Keinginan makan ini itu paling sering terjadi pada trimester pertama kehamilan. Semakin besar kehamilan, kondisi ngidam biasanya makin berkurang. Tapi, kalaupun Ibu masih merasakan keinginan makan ini itu hingga menjelang kelahiran, jangan khawatir. Selama semua diimbangi diet sehat berimbang, nikmati saja ngidam kehamilan Ibu.

 

Sampai kapan ngidam terjadi?

Keinginan makan ini itu paling sering terjadi pada trimester pertama kehamilan. Semakin besar kehamilan, kondisi ngidam biasanya makin berkurang. Tapi, kalaupun Ibu masih merasakan keinginan makan ini itu hingga menjelang kelahiran, jangan khawatir. Selama semua diimbangi diet sehat berimbang, nikmati saja ngidam kehamilan Ibu.