Tips & Advice Balita

Si Kecil Susah Makan Sayuran? Ini Solusinya!

Susah makan atau pilah-pilih makanan adalah hal yang biasa terjadi pada si Kecil. Banyak anak yang tidak menyukai warna hijau dan juga sayuran yang menurut mereka terasa aneh di lidah. Tentu sebaiknya hal ini tidak dibiarkan, karena bila si Kecil kekurangan nutrisi akan berpengaruh pada proses tumbuh kembangnya.

Bila si Kecil belum terbiasa makan sayuran, beberapa cara berikut bisa Ibu lakukan untuk mengatasinya:

  • Sajikan makanan dalam porsi kecil

Selain lambung si Kecil belum mampu menampung makanan terlalu banyak, memberikan makanan dalam porsi kecil membuat dia merasa tidak terbebani. Bila porsi sedikit habis dan si Kecil belum kenyang, Ibu dapat menambahkan lagi, juga dalam porsi kecil.

  • Variasi bentuk makanan

Ibu bisa membuat berbagai bentuk dari sayuran untuk dikonsumsi si Kecil. Seperti wortel diiris dalam bentuk bintang, bulan, bulat atau kotak kecil-kecil. Lalu, biarkan buah hati Anda memilih bentuk yang disukai.  

  • Sajikan dengan menarik

Untuk menarik perhatian si Kecil, sajikan dalam cetakan yang unik. Misalnya, mencetak nasi goreng dalam cetakan teddy bear atau bebek kecil. Kombinasikan dengan sayuran sehingga si Kecil mengonsumsinya sebagai makanan yang unik, tidak lagi sebagai sayuran.

  • Ciptakan suasana makan yang menyenangkan

Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti si Kecil agar ia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan dengan menceritakan tentang hal-hal yang disukainya.