Tips & Advice Balita

Bagaimana Caranya Agar Penyerapan Nutrisi Si Kecil Optimal?

BAGAIMANA CARANYA AGAR PENYERAPAN NUTRISI SI KECIL OPTIMAL?

Makanan merupakan elemen penting dalam tumbuh kembang Si Kecil. Ibu tentunya ingin selalu memberikan makanan dengan nutrisi yang baik baginya. Namun ternyata nutrisi yang baik tidak dapat terserap dengan sempurna jika perut Si Kecil mengalami gangguan.

Jadi bagaimana caranya agar penyerapan nutrisinya optimal?

Bayi memerlukan jumlah kalori yang cukup besar untuk memenuhi pertumbuhannya yang sangat cepat, khususnya pada beberapa bulan pertama kehidupan. Padahal daya tampung lambungnya masih sangat terbatas karena ukurannya yang masih sangat kecil. Itu mengapa pemberian ASI eksklusif menjadi sangat penting karena kandungan lemaknya yang dapat memenuhi kebutuhan kalori Si Kecil.

Pada 4 – 6 bulan pertama kehidupan, sistem saluran cerna Si Kecil mengalami perubahan pesat sesuai kematangan fungsinya. Namun Si Kecil belum siap mencerna makanan padat secara lengkap, apalagi jumlah besar. Hal ini dikarenankan banyak enzim di dalam perut yang berfungsi untuk mencerna makanan belum lengkap. Enzim laktase untuk memecah laktosa lengkap pada usia 1 bulan dan tripsin untuk memecah protein pada usia 2 bulan. Enzim amilase yang berfungsi untuk mencernah karbohidrat tertentu  lengkap pada usia 3 bulan, sedangkan enzim lipase pankreas dan garam empedu yang berfungsi untuk mencerna lemak lengkap pada usia 4 – 6 bulan.

Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan yang padat nutrisi dan mudah diserap untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Setelah usia tersebut, sistem saluran cerna mengalami perubahan pesat sesuai kematangan fungsinya agar siap menghasilkan berbagai enzim untuk mencerna makanan.

Dukung terus perut sehat si Kecil, agar perutnya bisa hasilkan 7 kehebatan.

Temukan 7 kehebatan perut sehat di www.bebeclub.co.id/7kehebatanperut

Sumber: Buku Manfaat Kesehatan Saluran Cerna 10 - 11