Alternate Text
Menu mpasi pertama
Mom's Pedia Balita

Makanan Pertama yang Terbaik untuk Bayi

Memberikan makanan padat pada bayi saat usianya belum memasuki usia 6 bulan nyatanya dapat memengaruhi sistem pencernaan pada bayi dan juga berisiko pada ginjal bayi yang belum siap untuk mencerna makanan padat.

Selain kesehatan bayi, memberikan bayi makanan padat di usia yang bukan seharusnya dapat meningkatkan bayi memiliki beberapa penyakit serius seperti asma, diabetes atau alergi makanan. Sebelum bayi menginjak usia 6 bulan, bayi hanya membutuhkan ASI untuk menyediakan kebutuhan nutrisi dan tambahan energi untuk masa pertumbuhannya.

Makanan pertama pada bayi sebaiknya diberikan saat bayi menginjak usia 6 bulan setelah melakukan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama pada usia bayi. Setelah bayi memasuki usia 6 bulan, nyatanya ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi dan nutrisi bayi.

Seberapa Sering Waktu Makan Si Kecil

Jika Si Kecil sudah menunjukan tanda-tanda bahwa ia siap menerima makanan lain selain ASI, maka ibu boleh memperkenalkan makanan pada Si Kecil. Dalam memberikan makanan pertama untuk bayi, ibu harus memberikan makanan yang sangat lunak dikarenakan bayi belum memiliki gigi secara lengkap dan usus bayi belum siap untuk menerima makanan padat.

Ibu bisa mencoba untuk memberikan makanan pendamping sebanyak satu atau dua sendok teh terlebih dahulu agar anak mengenal rasa lain selain ASI, usahakan ibu menggunakan sendok yang tidak terlalu kaku saat memberi makan SI Kecil. Waktunya ibu bisa mencoba memberikan sebanyak 3 kali sehari. Namun, jika bayi sudah menunjukan tanda kenyang sebaiknya ibu hentikan proses MPASI karena bayi juga dapat merasakan ketika ia kenyang.

Makanan MPASI Terbaik untuk Si Kecil

Saat menyiapkan menu makanan pendamping atau MPASI pertama Si Kecil, ibu harus tahu makanan apa saja yang baik untuk menjadi makanan pertama bagi anak. Pastikan ibu memasukkan beberapa makanan yang memiliki nutrisi sangat penting bagi perkembangan Si Kecil. Periode MPASI adalah waktu yang paling penting karena anak bisa saja kekurangan gizi jika tidak diberikan asupan yang baik. Bayi usia 6 bulan sudah boleh menerima jenis aneka ragam bahan makanan dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayuran dan juga buah-buahan.

Ibu diperbolehkan untuk langsung memberikan menu MPASI yang berkualitas dan mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan seperti karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sayur buah pada menu MPASI.

Hindari pemberian MPASI hanya sayur dan buah saja karena tidak mencukupi kebutuhan gizi bayi dan dikhawatirkan bayi akan kekurangan gizi dan energi. Yang perlu diperhatikan pada awal pemberian MPASI. Yakni, mulailah memperkenalkan bayi dengan makanan lumat dengan konsistensi yang sangat halus pada tahap perkenalan.Selanjutnya ibu boleh mengenalkan makanan pendamping dengan tekstur kental secara bertahap.

Namun, ibu perlu ingat setiap bayi memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda. Selain itu, ibu yang paling mengenal bayi ibu dengan baik, jadi jangan lupa untuk memberikan yang terbaik untuk Si Kecil.