Alternate Text
Tips & Advice 29-40 Minggu

Tendangan Bayi

Mulai merasakan si Kecil dalam perut bergerak dan menendang? Menakjubkan ya! Ibu seperti dapat merasakan langsung kehadirannya. Bahkan, seringkali tendangan bayi menjadi caranya mengkomunikasikan kebutuhan kala lapar atau merasa kurang nyaman.

 

Kapan Bayi Mulai Menendang?

 

Saat kehamilan memasuki usia 16-20 minggu, bayi mulai aktif bergerak. Tapi, seringkali Ibu belum terlalu menyadarinya karena ukuran tubuhnya masih kecil dan ruang geraknya dalam rahim masih luas. Kadang yang terasa hanya seperti ada kupu-kupu terbang di dalam perut.

 

Saat si Kecil makin besar, baru Ibu dapat merasakan tendangan yang lumayan keras. Bahkan, kadang terlihat berupa tonjolan kaki pada perut atau teraba oleh tangan Ibu. Makin besar ukuran bayi, rahim memang makin sempit untuknya. Sehingga, gerakannya sangat mungkin membentur dinding rahim Ibu.  Wah, anak Ibu senang bermain sepak bola ya?

 

Perkembangan Gerakan si Kecil

 

  • Kehamilan 24-28 Minggu: Ukuran tubuh bayi masih mungi dan masih leluasa bergerak dalam rahim. Gerakannya makin bervariasi, bahkan ia bisa  melompat saat mendengar suara keras dari luar. Memasuki usia 28 minggu, biasanya Ibu akan mulai hapal mana gerakan kaki, lutut atau badannya. Bahkan Ibu bisa merasakan ia sedang cegukan. Menggemaskan ya?
  • Kehamilan 29 minggu:  Jangan kaget lho bila tiba-tiba si Kecil menendang cukup keras. Ukuran tubuhnya yang makin besar membuat rahim terasa mulai sempit. Keleluasaan geraknya makin terbatas dan mudah membentur dinding rahim Ibu.
  • Kehamilan 32 minggu:  Bayi makin besar, makin aktif, namun ruang geraknya makin sempit. Pada masa ini mungkin Ibu akan dibuat sedikit mengaduh saat ia menendang keras. Apalagi bila tendangannya mengenai rusuk Ibu. Bisa jadi Ibu akan merasakan sedikit sesak.
  • Kehamilan 36-40 minggu:  Intensitas tendangan menjadi berkurang. Jangan cemas ya, Bu. Selama ia masih bergerak minimal sepuluh kali dalam waktu 24 jam, artinya si Kecil masih dalam kondisi baik-baik saja.

 

Berapa Sering si Kecil Bergerak?

 

Jawabannya adalah sangat sering. Bayi Ibu memang bergerak setiap saat.  Namun, hanya beberapa gerakan yang cukup kuat yang bisa Ibu rasakan.  Biasanya Ibu bisa merasakan gerakan kira-kira 10 kali dalam 12 jam.  Kalau bayi Ibu bergerak berlebihan,  atau gerakannya membuat Ibu kesakitan, Ibu perlu tanyakan ke dokter.  Begitu juga sebaliknya bila gerakannya kurang.