Mom's Pedia Balita

Tahap Perkembangan Bahasa Anak Usia 4 Tahun

Bawelnya si Nouval (4 tahun).  Semenjak bangun tidur, nggak ada berhentinya ia berceloteh dan bercerita. Sepertinya tidak ada kesempatan baginya untuk diam. Ada aja selalu pertanyaan yang ia ajukan. Jadi, bagaimakah perkembangan bahasa anak pada usia 4 tahun? Simak terus informasinya di bawah ini.

 

Tahukah Ibu? Di usia 4 tahunnya, rata-rata anak akan bertanya sebanyak 26 kali per jam! 

Hebat bukan? Sejak akhir usia 2 tahun hingga 4 tahun, anak mengalami fase Semiotic Function. Yaitu kemampuannya membuat simbol atau objek lain yang ada. Jadi jangan heran kalau ia mampu menyebutkan segala hal yang ia alami.  

Selain itu ia juga akan sering menanyakan arti kata yang ia temukan dan mengulang cerita yang menurutnya penting. Lalu apa saja ya tanda lainnya?

Beberapa tanda tahap perkembangan bahasa anak di usia 4 tahun antara lain: 

• Jumlah kata yang dikuasai anak berkisar 1540 kata dan berkembang menjadi 1870 di usia 4.5 tahun.  

• Mahir menghitung angka 1 hingga 10

• Mampu menyebut 4 warna dengan benar. 

• Bisa merangkai kalimat panjangdengan 6-8 kata. 

• Suka bertanya dan menceritakan pengalamannya dengan baik dan dimengerti oleh orang lain. 

• Berbicara dengan kata-kata yang kekanak-kanakan.

• Menulis cerita sederhana, misalnya tentang liburan. 

• Paham dengan konsep benar atau salah sehingga sering mengoreksi hal yang dilakukan orang di sekitarnya. 

 

Nah untuk terus mengasah kemampuan di tahap perkembangan bahasa anak ini, Ibu juga bisa melakukan stimulasi di bawah ini: 

1. Buku cerita. Di usia ini merupakan waktu tepat untuk belajar membaca baginya karena rasa ingin tahunya sedang berkembang dan banyak melontarkan pertanyaan. Ibu sudah bisa memilihkan buku cerita degan bacaan agak panjang untuk memperluas dan memperkaya kosakatanya. 

2. Sediakan sudut membaca. Simpan buku dan majalah di sudut-sudut ruangan rumah. Jadi Ibu bisa santai membaca ditemani buah hati. 

3. Mengenal tulisan. Pancing anak untuk memperhatikan tulisan yang ia temukan. Misal dari gambar-gambar iklan di majalah maupun papan iklan di jalan karena biasanya dibuat dengan huruf besar, jelas serta warna mencolok.  

4. Ke perpustakaan. Ajak ia untuk berkunjung ke perpustakaan dan menjadi anggota.

5. Ajarkan bahasa asing. Ibu bisa mulai memperkaya kosakatanya karena di usia ini kemampuan menyerap bahasanya sangat baik. 

Bagaimana mudah bukan Bu? Jangan lupa, untuk terus penuhi nutrisi si Kecil dengan memberi susu Bebelac sesuai tahap usianya dan asupan makanan bergizi lainnya untuk menunjang tahap perkembangan bahasa anak.