perkembangan anak 1 tahun
Mom's Pedia Balita

Mengenal Perkembangan Anak Usia 1 Tahun

Duh si Kecil ini ada aja ya tingkahnya. Sekarang semua yang Ibu lakukan tak jarang ia tirukan. Memang, perkembangan otak setelah berusia satu tahun berlangsung pesat. Apa saja kemajuan perkembangan anak usia 1 tahun yang bisa Ibu temukan? 

Menurut teori Jean Piaget saat anak berusia 0-2 tahun, ia lebih banyak mengembangkan sensori motornya. Yaitu sibuk menemukan hubungan antara indra dan tindakanya. Jadi si Kecil akan lebih banyak melihat, mendengar, meraba dan lainnya. Lalu apa saja tandanya?

Tanda perkembangan kognitif anak 1 tahun

• Duplikat. Setelah berhasil melalui proses mengamati, ia akan menirukan yang ia lihat. Biasanya si Kecil suka menirukan ekspresi muka orang lain. 

• Konsentrasi. Si Kecil lebih banyak diam, mengamati serta berkonsentrasi penuh pada mainan/keadaan menarik dan baru. Ia akan bisa menaruh satu kubus/benda di atas kubus/benda lain, memasukkan benda ke dalam wadah.

• Sebab akibat. Tahu apa yang ia lakukan menghasilkan respon berbeda. Ia mencari tahu apa yang terjadi. Misal dengan membalikkan botol, ia bisa mengeluarkan isinya.

• Mengenal Perbedaan. Si Kecil sudah bisa membedakan siapa-siapa orang yang ia temui. Biasanya ketika bertemu orang asing, ia akan manangis atau berteriak. 

• Objek tersembunyi. Ia tahu objek tetap ada walau tidak terlihat. Misalnya saat cilukba. Saat si Kecil mengikuti ke mana “hilangnya” suatu benda yang tak lagi dapat dilihatnya, ia sedang mengalami pengalaman sensori motorya dan belajar berpikir. 

Menstimulasi aspek kognitif anak 1 tahun

Nah, sebagai orangtua, apa sih yang bisa Ibu lakukan untuk menstimulasi dan mendukung kognitif di tahap tumbuh kembang anak?

1. Sediakan ruang bermain aman agar si Kecil bebas bereksplorasi.  Di usia ini ia belum tahu konsep aman dan bahaya ketika Ibu melarang. Jadi lebih baik jauhkan benda berbahaya. 

2. Bermain eksperimen. Sediakan pasir atau air untuk si Kecil mainkan dan beberapa wadah. Biasanya anak akan senang memindahkan air dari satu wadah ke wadah lainnya. 

3. Mencocokkan bentuk. Sediakan mainan papan bentuk. Di usia ini si Kecil sudah memahami konsep bentuk dan ruang terutama bentuk bulat. 

Jangan lupa, terus berikan asupan nutrisi  tepat. Lengkapi dengan Bebelac 3, susu pertumbuhan dengan nutrisi seimbang yang siap mendukung tahap tumbuh kembang anak usia 1-3 tahun dengan optimal. Karena si Kecil segalanya bagi Ibu, berikan segala yang tebaik untuknya!