Nasi Tim Ayam
Article 6-12 Bulan

Resep Nasi Tim Ayam untuk Si Kecil, Menu Baru di Bulan Ramadhan

Download resep menu hebat untuk anak hebat Bebelac sekarang!

Menyambut bulan Ramadan biasanya Ibu akan disibukan dengan kesibukan memikirkan menu buka puasa dan menu sahur. Kebutuhan atas inspirasi resep di bulan Puasa memang berbeda dari biasanya. Untuk sahur, biasanya Ibu ingin menghidangkan sajian yang praktis, cepat, simpel, tetapi enak dan menggugah selera. Menu sahur yang bergizi juga penting untuk memberikan nutrisi dan energi yang dibutuhkan untuk tetap fit dan beraktivitas selama sepanjang hari berpuasa.

Untuk berbuka Puasa, hasil masakan Ibu menjadikan momen ini sesuatu yang paling dinanti-nantikan oleh seluruh keluarga. Hidangan buka Puasa pasti lebih istimewa dan beraneka ragam. Kesukaan setiap anggota keluarga pasti mendapat giliran dihidangkan di saat-saat yang spesial ini. Selain menyajikan menu makanan yang menggugah selera untuk anggota keluarga, jangan lupa menyiapkan menu baru juga untuk Si Kecil.

 Si Kecil mungkin belum pernah merasakan ibadah puasa, akan tetapi biasanya jika memasuki usia 10-12 bulan adalah masa dimana Si Kecil mulai bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Si Ibu pun harus mulai memikirkan kombinasi menu yang disukai oleh Si Kecil. Selain bubur dan cookies, ternyata ada banyak jenis MP-ASI yang baik untuk Si Kecil. Salah satu menu MP-ASI yang baik adalah Nasi Tim karena teksturnya yang tidak terlalu lembut yang baik untuk melatih gigi bayi untuk konsumsi makanan padat.

Salah satu menu Nasi Tim dengan kandungan nutrisinya baik untuk Si Kecil adalah Nasi Tim Ayam Jamur. Yuk, simak resep Nasi Tim Ayam Jamur berikut ini:

Bahan Toping
250 fillet daging ayam, potong dadu
100 gram jamur kancing kalengan, iris tipis
5 butir bawang merah ,iris tipis
3 siung bawang putih ,geprek, lalu cincang halus
3 sendok makan kecap manis
3 sendok teh kecap asin
2 sendok teh saus tiram
1 sendok teh minyak wijen 
1 sendok teh garam

1 sendok the gula

½ sendok the lada bubuk

1 sendok teh kaldu jamur 
air secukupnya
margarin dan minyak goreng untuk menumis

Bahan Nasi
250 gram beras
350 ml air kaldu ayam 
1 sendok teh kecap manis
1 sendok teh kecap asin
1 sendok teh saus tiram
1 sendok teh minyak wijen
kaldu jamur secukupnya


Bahan Pelengkap
2 butir telur rebus, belah menjadi dua bagian

 
Cara Membuat Toping 

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga bawang menjadi merah kecoklatan, lalu masukan potongan ayam dan jamur, kemudian aduk hingga rata.
  2. Beri air secukupnya.
  3. Lalu tambahkan gula, garam, kecap manis, kecap asin, saus tiram, minyak wijen, gula, garam, kaldu jamur dan lada bubuk. Masak hingga air menyusut.

 

Cara Membuat Nasi

  1. Panaskan minyak wijen, tumis beras sebentar lalu tambahkan kecap manis, kecap asin, saus tiram dan kaldu jamur, aduk hingga merata.
  2. Lalu tambahkan air kaldu dan biarkan hingga meresap ke dalam beras.

 

Tahap Akhir

  1. Tata topping ayam jamur dan telur rebus pada dasar mangkok, lalu beri beras yang telah dibumbui tadi. Kemudian aduk semua bahan hingga merata.
  2. Kkus selama kurang lebih 40 menit hingga matang.

 

Itulah resep Nasi Tim Ayam Jamur yang bisa dicoba para Ibu di rumah, untuk menambahkan referensi Ibu dalam menyajikan MP-ASI yang sehat untuk Si Kecil. Nasi Tim Ayam Jamur terdiri dari bahan dasar ayam dan jamur.