Mom's Pedia 1-12 Minggu

Kenali Perkembangan Janin Usia 7 Minggu

Ayo Periksakan Kehamilan Ibu

 

Inilah saat tepat bagi Ibu untuk melakukan serangkaian tes kesehatan di dokter kandungan. Mulai dari tes golongan darah, antibodi, zat besi, urine hingga berat badan. Pemeriksaan USG juga penting dilakukan untuk mengetahui secara pasti usia kandungan. Rangkaian tes kesehatan pada awal kehamilan juga berguna untuk memantau kondisi janin dan kelainan pada bayi sejak dini.

 

Perkembangan si Kecil

 

Saat kehamilan 7 minggu, sepertiga kepala bayi dan tali pusat telah terbentuk. Tali pusat yang melekat pada plasenta ini akan mengalirkan oksigen dan nutrisi bagi bayi dari Ibunya. Sangat menakjubkan ya?

Lebih banyak hal yang bisa Ibu lihat pada minggu ini dibanding minggu sebelumnya. Jalur pernafasan, tangan, kaki dan jari-jari mungil mulai menampakkan bentuknya, meski masih nampak berselaput. Begitu pula dengan kelopak mata dan hidung. Embrio pun mulai berubah bentuk menyerupai bayi yang sangat mungil. Saat ini, biasanya mulai muncul pertanyaan, akan mirip siapakah ia kelak?

 

Ada Apa dengan Tubuh Ibu?

 

Bila Ibu penggemar minuman beralkohol, segera hentikan saat mengetahui tanda awal kehamilan. Alkohol berdampak sangat buruk pada kesehatan kandungan. Termasuk dapat memicu terjadinya keguguran.

Bila Ibu memiliki banyak pertanyaan seputar alkohol dan kehamilan, hubungi saja Bebeclub melalui Nutricia Careline (0800-1821059) atau email: careline@nutricia.com.

 

Tahukah Ibu?

 

Selama kehamilan, sistem imun Ibu tidak sebaik dalam kondisi tubuh normal. Demi kesehatan, tingkatkan kebersihan diri dan lingkungan, termasuk saat mempersiapkan makan sehat hamil. Rajin mencuci tangan dan mengetahui jenis makanan apa yang perlu dihindari adalah salah satu cara mudah menjaga kesehatan selama kehamilan. Ibu pasti ingin si Kecil tumbuh sehat kan?