Alternate Text
Mom's Pedia Balita

Memahami Tahap Tumbuh Kembang Anak Usia 18 Bulan

Mike seorang Ibu dari Kayla (18 bulan), tampak kewalahan mengikuti langkah kaki si Kecil. Dari bangun tidur hingga pergi tidur lagi, rasanya tak ada henti-hentinya mengelilingi seisi rumah. Apa saja sih tingkahnya? Yuk cari tahu tahap tumbuh kembang anak usia 18 bulan berikut ini.

Di usia ini umumnya si Kecil memang lebih lincah. Seringnya saat berjalan ia terburu-buru seperti berlari. Ia pun kini sudah bisa berjalan ke samping dan mundur. Tak jarang ia asyik merayap naik turun di anak tangga dan mencoba duduk di kursinya sendiri tanpa bantuan. Hmm, apalagi ya?

Untuk perkembangan kognitifnya Ibu akan melihat kemampuan si Kecil membawa empat atau lebih benda sekaligus dengan tangannya, menunjuk anggota tubuh atau benda yang dikenalnya jika diperintah, hingga meniru gerakan melipat kertas maupun garis vertical. Pasti lucu ya, Bu melihatnya.

Untuk terus mendukung tahap tumbuh kembang anak yang makin aktif, yuk Bu stimulasi lewat permainan di bawah ini:

Fisik :

- Membuat gerakan. Sediakan kaset atau CD tarian lagu anak dan minta si Kecil menirukannya. Biasanya anak-anak bisa bergerak spontan mengayun tubuh saat mendengar musik.

- Menghitung langkah. Minta anak melangkah di lantai atau tangga menuju kamarnya sambil berhitung.

- Meniru gerakan hewan. Ajak si Kecil menirukan gerakan dan bunyi hewan. Misal “Walking like a duck!” sambil memintanya menggerakkan pantat dan bersuara “kwek kwek”

Kognitif:

- Belajar warna. Buat kartu warna dari kertas. Tunjukkan dan sebutkan warnanya lalu minta si Kecil mencari benda yang berwarna sama di antara tumpukan mainannya.

- Bermain air. Biarkan anak bereksperimen dengan beberapa wadah dan benda berbeda. Tunjukkan caranya bagaimana mengisi wadah besar dari wadah kecil. Tunjukkan pula beberapa benda yang bisa tenggelam dan mengapung.

- Bermain Es. Tunjukkan bagaimana es jika dibiarkan akan meleleh. Tanyakan padanya kemana es nya menghilang dan jelaskan apa yang terjadi.

- Play dough atau lilin yang bisa dibentuk. Sediakan beberapa cetakan kue dan tunjukkan bagaimana cara membuat berbagai macam bentuk.

Perlu diingat, dengan terus aktif dan mengeksplorasi sekitarnya, tahap tumbuh kembang anak pun jadi makin optimal. Selain itu, kebutuhan nutrisi juga tak kalah pentingnya lho, Bu untuk diperhatikan agar si Kecil tumbuh dengan baik. Yuk, berikan asupan nutrisi tepat dan lengkapi dengan Bebelac 3 yang siap mendukung tiap aktivitasnya.