Mom's Pedia 13-28 Minggu

Mengenal Perkembangan Janin Usia 13 Minggu

Bagaimana perkembangan janin di minggu ke 13?

Pada periode minggu ke-13, organ vital calon buah hati seperti hati, pankreas, dan jantung sudah terbentuk sempurna. Jari tangan dan kaki juga mulai membentuk bantalan kuku.

Yang paling menakjubkan lagi, Bu, kini plasenta bekerja maksimal untuk menyediakan oksigen, nutrisi dan pembuangan sampah bayi. Si kecil pun mampu mengedipkan mata sebagai respon saat melihat cahaya dari luar rahim ibu. Pada minggu ini, kedekatan ibu dan janin semakin bertambah seiring kemampuan janin untuk merasakan detak jantung sang ibu.

Apa yang harus ibu lakukan semasa janin berusia 13 minggu?

Memasuki periode kehamilan usia 13 minggu, jumlah kalori yang dibutuhkan ibu bertambah menjadi 300 kalori per hari. Ingat ya, Bu, perhatikan konsumsi makanan bernutrisi yang mengandung asam folat dan protein untuk mendukung pembentukan sel syaraf otak, otot dan sel darah pada si kecil.

Direkomendasikan, untuk sementara membatasi konsumsi makanan yang mengandung kafein seperti kopi, cokelat atau teh. Karena, kafein yang terkandung pada bahan makanan tersebut dapat mengganggu perkembangan saraf pusat janin.

Nah, jaga selalu asupan nutrisi agar ibu selalu berenergi selama menjalani rutinitas.

Semoga ibu dan calon buah hati selalu sehat hingga persalinan nanti.