Alternate Text
Tips & Advice 0-6 Bulan

Menangis Cara Bayi Berkomunikasi

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Bayi Menangis?

Tidak ada yang dapat mencegah bayi menangis. Inilah cara mereka mengomunikasikan kebutuhan mereka kepada Ibu. Ayo Bu, kenali apa yang dibutuhkan oleh bayi dan segera menenangkan bayi dari tangisnya. Hal ini akan membuat ia tumbuh besar tanpa sering menangis ketika ia hendak menyampaikan sesuatu kepada Ibu.

Jika tangisan bayi terlalu keras, lama, tidak seperti biasanya, dan tidak dapat dikendalikan, segera hubungi dokter ya Bu, untuk diketahui penyebab pastinya. Beberapa tangisan yang tidak biasanya terjadi pada bayi mungkin adalah pertanda adanya masalah pada organ bayi. Agar ia merasa aman dan nyaman, segeralah merespon tangisannya dengan dekapan atau pelukan lembut. Berikut ini beberapa alasan mengapa bayi menangis:

Rasa Lapar

Inilah yang pertama kali terbesit dalam pikiran setiap Ibu. Mengetahui cara bayi yang "protes" karena lapar, akan membantu Ibu untuk segera menyusuinya. Beberapa tanda seperti menghisap jari dan bayi menjadi rewel biasanya terjadi ketika bayi dalam keadaan lapar.

Popok Yang Basah

Beberapa bayi akan langsung bereaksi dengan menjadi amat rewel atau menangis ketika ia merasa tidak nyaman karena basah. Ada juga bayi yang dapat menahan rasa tidak nyaman ketika popoknya basah. Selalu amati kebersihan bayi Ibu ya.

Butuh Tidur

"Bukankah bayi mudah tertidur? Saat bayi lelah bukankah mereka dapat segera tertidur, kapanpun dan dimanapun?" Ternyata, tidak yang seperti diduga oleh kebanyakan orang, sangat tidak mudah bagi bayi untuk menemukan kenyamanan agar dapat tidur, bahkan jika bayi terlalu lelah ia akan sangat rewel dan menangis.

Hati-hati ya, bisa jadi Ibu sering mengira bahwa bayi Ibu kolik, padahal ia menangis karena terlalu lelah akibat kurangnya waktu tidur. Penuhi kebutuhan waktu tidur si Kecil setiap hari, agar pertumbuhannya sempurna.

Ingin Merasa Diperhatikan

Bayi sangat memerlukan dekapan hangat Ibu atau ayahnya. Sering kali saat bayi melihat wajah orangtuanya, mendengar suara Ibu atau suami, bahkan mengendus aroma khas orangtuanya, bayi mungkin menangis. Tangisan ini sebenarnya cara bayi meminta perhatian dari orang yang mencintainya. Terkadang mungkin Ibu berpikir bahwa ia akan tumbuh menjadi anak yang manja, namun pada awal perkembangan usia bayi, hidupnya sangat rentan, ia perlu rasa aman yang membuatnya bahagia. Beberapa cara seperti memeluk, menyelimutinya dengan selimut hangat, bahkan memijat lembut tubuhnya dapat menjadi cara untuk menenangkannya.

Masalah Pada Perutnya

Masalah pada perut bayi bisa disebabkan oleh banyaknya gas dalam pencernaannya. Alergi susu, konstipasi, diare, dan intoleransi makanan bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang mengakibatkan perut bayi menjadi tidak nyaman. Temukan penyebabnya dengan segera, agar bayi merasa nyaman. Jika Ibu mengalami kesulitan, konsultasikan masalah ini dengan DSA (Dokter Spesialis Anak) yang terpercaya.

Ingin Bersendawa

Sendawa bukanlah sesuatu yang wajib terjadi pada bayi Ibu. Namun jika si Kecil menangis setelah menyusui, ia sangat butuh bersendawa. Angin dan susu masuk bersamaan ketika bayi menyusui, terlebih jika bayi tidak minum ASI langsung dari Ibu.

Kepanasan atau Kedinginan

Temperatur ruangan tempat bayi beristirahat bisa jadi telalu dingin atau terlalu panas untuknya. Biasanya bayi memerlukan rasa hangat ketika tidur, namun tidak perlu berlebihan, misalnya mengganti pakaiannya dengan bahan katun yang tipis dan lembut sebelum ia tidur.

Tumbuh Gigi

Dalam perkembangannya di usia 4 - 7 bulan, gigi bayi yang sedang tumbuh mencuat keluar menembus gusinya yang masih sangat lembut. Ia akan merasa sangat gatal, atau malah kesakitan. Akibatnya bayi akan menangis karena tidak dapat menahan rasa gatal dan sakit yang dideritanya. Konsultasikan dengan DSA, agar Ibu mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan gatal di dalam mulutnya.

Merasa Kesakitan

Rasa sakit akibat digigit serangga seperti nyamuk, semut, dan kutu kasur bisa membuat bayi tidak nyaman. Lindungi bayi Ibu dari gigitan nyamuk dengan cara tradisional yaitu melingkari ruangan tidurnya dengan kelambu. Penggunaan semprotan pembunuh serangga dapat membahayakan kesehatannya, begitu pula dengan lotion anti nyamuk. Perhatikan hal-hal kecil yang mungkin luput dari perhatian Ibu.

Sakit

Tubuh bayi Ibu sangat rentan dengan lingkungan sekitarnya. Ia bisa saja terserang demam, flu, maupun infeksi dari virus yang beterbangan di udara. Periksa suhu tubuhnya, dan pastikan masih tergolong normal. Jika Ibu merasa gangguan kesehatan bayi sudah tak dapat lagi ditangani, segera bawa ke dokter ya. Beberapa demam menandakan bahwa ada gangguan di dalam tubuhnya yang menyebabkan ia menangis. Percayai insting Ibu, jika suara tangisan bayi terdengar berbeda yang mungkin menandakan ada masalah dalam tubuhnya dan perlu diperiksa dokter.

Rasa Bosan

Digendong, diajak bermain, musik, belaian, cahaya yang terlalu terang, ingin tertawa, dan berbagai keinginan fisik maupun mental yang diperlukan bayi, namun kurang diberikan oleh Ibu akan membuatnya menangis. Kenali penyebab rasa bosan pada bayi Ibu dan sebisa mungkin luangkan waktu untuk beraktivitas bersama si Kecil.

Kolik

Kolik adalah istilah yang digunakan pada kondisi bayi yang menangis terus menerus, dan tidak dapat dikendalikan oleh siapapun termasuk Ibu sendiri. Jika bayi Ibu berusia kurang dari 5 bulan dan menangis selama lebih dari tiga jam dalam sehari secara terus-menerus, hingga satu sampai tiga minggu dan berkelanjutan, maka dapat dipastikan bahwa ia menderita kolik

Cari tahu tentang Kolik
Percayai intuisi Ibu ketika bayi menangis. Dengan sendirinya Ibu akan menjadi mahir mengenali suara tangisan si Kecil dan dapat membuatnya kembali nyaman.