Alternate Text
Mom's Pedia 29-40 Minggu

Melihat Perkembangan Janin Usia 30 Minggu

 

Perkembangan si Kecil

 

Seiring ukuran perut yang makin membesar, perkembangan bayi dalam kandungan Ibu juga terus melesat. Ukurannya sudah sekitar 40 cm, dengan bobot 1,3 kg. Otaknya juga berkembang pesat. Lihat saja, ia sudah mampu mendengar, melihat dan merasakan. Bahkan memberikan respon terhadap cahaya yang berasal dari luar perut Ibunya. Untuk mendukung proses tumbuh kembang otak, bayi memang menghabiskan 80% waktunya untuk tidur. Selamat bermimpi indah, sayang!

 

Ada Apa dengan Tubuh Ibu?

 

Frekuensi buang air kecil yang meningkat harus diimbangi dengan asupan cairan yang mencukupi. Bila tidak, Ibu hamil bisa mengalami dehidrasi. Cyctitis memang menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan sedikit nyeri. Ini karena posisi bayi yang semakin menekan kandung kemih Ibu.

Bila hal ini mengganggu aktivitas dan istirahat Ibu secara berlebihan, konsultasikan kepada dokter kandungan. Pada kasus tertentu, dokter mungkin akan merekomendasikan antibiotik yang aman untuk mengatasi cyctitis pada Ibu hamil.

 

Tahukah Ibu?

 

Bayi mulai bergerak menuju posisi lahir pada minggu ke-30 ini. Kadang posisinya tepat, yaitu kepala di bawah. Tapi kadang bisa juga kebalikannya, alias sungsang. Tak perlu keburu cemas. Mayoritas bayi baru akan menempati posisi ideal di jalan lahir pada minggu ke-36, dan hanya 3-4% yang akhirnya berposisi sungsang.