Alternate Text
Tips & Advice 0-6 Bulan

Info Praktis Seputar Pemberian ASI

Tips Sukses Menyusui

Pemberian ASI merupakan salah satu wujud nyata kasih sayang Ibu pada sang Buah Hati. Saat menyusui, Ibu sekaligus telah memenuhi kebutuhan bayi akan nutrisi, energi, imunitas, bahkan kasih sayang yang akan membantunya tumbuh menjadi anak sehat, cerdas, dan bahagia.  Mungkin banyak Ibu bertanya tentang cara menyusui yang baik agar si Kecil lahap dan nyaman. Mari pelajari beberapa tips Bebeclub berikut ini agar proses menyusui berjalan optimal!

  • Sebelum menyusui, pastikan posisi Ibu nyaman ya. Bila perlu, ganjal punggung Ibu dengan bantal empuk. 
  • Dekap bayi Ibu dengan posisi kepala, bahu dan badan tegak lurus menghadap tubuh Ibu.
  • Saat mulut bayi terbuka lebar, dekatkan bayi pada payudara Ibu (bukan sebaliknya ya, Bu).
  • Bayi akan dapat menyedot ASI secara optimal bila ia mengulum seluruh puting payudara Ibu, hingga yang terlihat hanya areola (kulit berwarna gelap di sekitar puting). Ibu juga akan dapat mendengarkan suaranya menghisap dan menelan ASI lho!
  • Jika posisi tangan bayi menutupi puting payudara Ibu, cobalah pindahkan perlahan dan dekap tangannya sejajar dengan sisi tubuhnya.

 

Jangan panik ya, Bu jika sesekali si Kecil terlihat berhenti menghisap ASI. Ini sangat wajar kok. Selain itu, jika sewaktu-waktu Ibu merasa tidak nyaman, cobalah perhatikan kembali posisi menyusui Ibu. Bisa jadi, mulutnya tidak mengulum puting payudara Ibu dengan baik. Ibu juga bisa mencoba menggunakan bantal menyusui (berbentuk "u" ) agar posisi bayi lebih rileks dan nyaman.

Agar lebih jelas, silahkan Ibu pelajari beberapa gambar posisi menyusui dari Bebeclub berikut ini. Tenang saja, setelah terbiasa nanti Ibu dan bayi akan menemukan posisi menyusui yang paling nyaman. Jika bayi Ibu terlihat belum pandai menempatkan mulutnya saat menyusu, Ibu bisa meminta saran dari dokter atau pelajari beberapa tips dari bagian problem dan solusi menyusui di website kami!