Alternate Text
Tips & Advice Balita

4 TIPS CERDAS MENJADI IBU YANG BAIK

Ibu mana yang tidak ingin menjadi sosok wanita baik dan hebat di mata anak-anaknya. Sejak si Kecil dalam kandungan, setiap calon ibu pasti ingin menjadi ibu yang baik dengan segala kemampuan yang ia miliki. Tentunya, hal ini tidak mudah dan penuh tantangan ya, Bu.

Akan tetapi, dengan komitmen dan kasih sayang yang besar untuk si Kecil, semua rintangan pasti dapat dilewati dengan mudah.

Bagaimana peran ibu dalam menumbuhkan si Kecil menjadi Anak Hebat?

Membesarkan buah hati agar tumbuh menjadi anak hebat merupakan kewajiban dan amanah. Apa saja yang bisa ibu lakukan untuk menjalankan tugas berat itu? Cobalah melakukan hal-hal penting berikut ini:

Menghabiskan waktu bersama-sama, selagi masih kecil habiskan waktu bersama anak-anak sebagai investasi berharga yang pernah ibu lakukan. Anak-anak harus tahu bahwa mereka adalah prioritas utama bagi ibu.

Memberi perhatian, tatap mata si Kecil saat berbincang dan dengarkan apa yang ia sampaikan.

Berikan nutrisi yang baik, menumbuhkan anak hebat, nutrisinya harus terjaga. Berikan anak asupan makanan  dan minuman bergizi sesuai kebutuhan di usianya.

Tumbuhkan kepercayaan diri, biarkan anak bersosialisasi dengan teman-temannya untuk mengembangkan kemampuan sosial seperti berempati, punya rasa peduli dengan lingkungan, senang menolong dan sebagainya.

Bagaimana menjadi ibu yang baik bagi si Kecil?

Tidak ada ibu yang sempurna, namun selalu ada jalan untuk menjadi ibu yang baik. Bagaimana caranya? Cek langkah-langkah ini yuk, Bu:

  1. Memberi contoh yang baik, berusaha untuk selalu menjaga perilaku dan perkataan yang baik di depan anak-anak.
  1. Berikan humor, membesarkan anak-anak yang hebat dan bahagia, juga perlu diselingi dengan banyak humor dan tawa.
  1. Berbicara dengan tenang, bicara dengan nada yang tenang tapi tegas akan lebih efektif untuk mendisiplinkan si Kecil.
  1. Jadilah pendengar yang baik, luangkan waktu untuk mendengarkan apa yang anak katakan. Kedekatan secara emosional antara ibu dan anak akan lebih mudah terjalin.

Anak-anak yang hebat lahir dan dibesarkan oleh ibu hebat. Yuk, berusaha menjadi ibu yang baik dan hebat demi sang buah hati.