Tips & Advice 1-12 Minggu

Kenaikan Berat Badan Selama Hamil


Berapa Kenaikan Berat Badan Ideal Saat Hamil? 



Jumlah kenaikan berat badan ideal saat hamil dipengaruhi oleh faktor tinggi badan, berat badan, dan tipe struktur badan masing-masing Ibu.  Dokter kandungan biasanya akan melakukan perhitungan berat badan Ibu hamil dengan dengan menggunakan indikator Body Mass Index (BMI).

Bila Ibu mengalami kenaikan berat badan yang berbeda-beda setiap minggunya, jangan khawatir. Masing-masing Ibu hamil memang memiliki pola kenaikan berat badan yang unik!





Kenaikan Berat Badan Dalam Sekali Kehamilan


Berat Badan Sebelum Hamil


BMI (kg/m2)


Total Kenaikan Berat Badan(kg)


di bawah berat 


< 18.5


12.7 - 18.14


berat badan normal


18.5 - 24.9


11.3 - 15.9


kelebihan berat badan


25 - 29.9


6.9 - 11.3


obesitas


> 30


4.9 - 9.1




Apakah Aman Bila Berat Badan Berkurang Saat Hamil?



Jujur saja, jawabannya adalah tidak! Memiliki berat badan berlebih saat hamil memang meningkatkan resiko komplikasi kehamilan. Tapi, sembarang berdiet untuk mengurangi berat badan sangat tidak dianjurkan.

Bila khawatir akan kenaikan berat badan saat hamil, Ibu harus menjalankan diet sehat berimbang khusus kehamilan.  Tujuannya agar Ibu tidak kekurangan asupan nutrisi yang justru penting bagi tumbuh kembang bayi.



Berat Badan Kurang Saat Hamil 

Kekurangan berat badan saat hamil juga dapat menimbulkan masalah. Jika kondisi ini terjadi pada Ibu, konsultasikan pada dokter tentang diet sehat berimbang untuk memperoleh berat badan hamil yang ideal. Tetap semangat ya, Bu. Ingat si Kecil dalam perut Ibu membutuhkan nutrisi untuk perkembangannya.



Diet Khusus Saat Hamil

Menjadi vegetarian memang banyak manfaatnya bagi kesehatan. Tapi, saat kehamilan, Ibu harus memberikan perhatian khusus pada asupan energi dan nutrisi bagi bayi. Kombinasi makanan tetap harus memenuhi kebutuhan zat besi, kalsium, dan vitamin B12.  yang banyak terdapat pada bahan makanan hewani.

Solusinya adalah dengan mencari sumber nutrisi alternatif, seperti susu kedelai, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Lengkapi kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi suplemen kehamilan yang tepat sesuai anjuran dokter kandungan.