Alternate Text
Tips & Advice 1-12 Minggu

Mitos dan Fakta Mengenai Makanan yang Harus Dikonsumsi saat Hamil

Makanan yang dikonsumsi Ibu semasa kehamilan berpengaruh untuk sang Buah Hati, oleh karena itu makanan yang dikonsumsi harus memiliki kandungan nutrisi yang seimbang sehingga mendukung pertumbuhan optimal sang Buah Hati.

Banyak mitos yang beredar di luar sana, dan tentunya tidak semuanya benar. Makanya penting bagi Ibu untuk mengetahui mana yang merupakan isapan jempol dan mana yang memang menjadi fakta penting yang harus Ibu ketahui.

Yuk kita lihat apa saja mitos dan faktanya!

Mitos: Ibu akan lancar bersalin kalau sering minum Air Kelapa.

Fakta: Menurut para ahli, kandungan elektrolit dalam kelapa hanya membantu menjaga tubuh agar tetap sehat dan bukan memperlancar persalinan. Sejauh ini belum ditemukan bukti apapun tentang hubungan air kelapa dengan kelancaran persalinan.

Mitos: Selama masa kehamilan, Ibu disarankan untuk tidak mengkonsumsi ikan.

Fakta: Selain merupakan sumber protein dan mineral yang baik, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk perkembangan optimal otak dan penglihatan bayi. Jadi Ibu bisa mengonsumsi dua porsi ikan setiap minggunya agar volume dan kualitas ASI menjadi baik.

Mitos: Konsumsi air es saat hamil akan membuat bayi menjadi besar.

Fakta: Tentunya ini tidak benar sama sekali, karena air es tidak membuat bayi menjadi besar saat Ibu melahirkan. Janin sang Buah Hati bisa membesar kalau konsumsi air es dibarengi dengan sirup dan gula yang berlebihan.

Mitos: Konsumsi Kacang semasa Ibu hamil akan menyebabkan alergi pada sang Buah Hati.

Fakta: Tidak masalah kalau Ibu ingin makan kacang saat hamil, karena selain merupakan sumber protein nabati, kacang juga mengandung vitamin serta mineral. Selama kehamilan Ibu boleh mengonsumsi kacang asal diseimbangkan dengan asupan nutrisi lainnya.

Jika tidak terdapat riwayat alergi dalam keluarga, maka Ibu tidak perlu khawatir dengan alergi yang akan si Kecil dapatkan dari konsumsi kacang. Alergi pada sang Buah Hati tidak dipengaruhi oleh konsumsi makanan tertentu pada masa kehamilan.

Mitos: Konsumsi Jeruk akan menyebabkan bayi berwarna kuning saat Ibu melahirkan

Fakta: Belum tentu hal ini disebabkan oleh konsumsi jeruk yang berlebihan ya Bu, bisa jadi fungsi hati bayi belum sempurna. Namun perlu diingat bahwa konsumsi jeruk yang seimbang penting banget untuk membantu Ibu mengurangi keluhan konstipasi pada trimester ketiga.


​​