Alternate Text
Mom's Pedia 1-12 Minggu

Mengenal Perkembangan Janin Usia 6 Minggu

 

Perkembangan si Kecil Dalam Kandungan

 

Saat usia hamil 6 minggu, si Kecil masih berbentuk embrio seperti berudu. Panjangnya sekitar 5 cm atau dua kali lipat ukuran minggu sebelumnya. Si kecil pun biasanya masih meringkuk di dalam rahim.

Tapi, meski baru sebesar biji kacang, jantung si Kecil sudah mulai berdenyut 100-160 kali dalam semenit. Gelombang otaknya juga sudah mulai terbaca dan jaringan syaraf mulai berkembang pesat. Demikian pula dengan matanya. Selain itu, Ibu akan mulai melihat beberapa tonjolan yang nantinya akan menjadi tangan dan kaki si Kecil. Harap bersabar ya, Bu. Wajah lucu si Kecil memang belum terlihat saat hamil 6 minggu ini.

 

Apa yang Terjadi dengan Tubuh Calon Ibu?

 

Saat awal kehamilan, calon Ibu sebaiknya meningkatkan konsumsi makanan sehat dan suplemen hamil yang mengandung asam folat. Kenapa? Karena pada periode ini terjadi perkembangan pesat sel tubuh, otak, dan saraf tulang belakang pada janin. Konsumsi asam folat sebaiknya juga dilakukan sejak perencanaan kehamilan hingga usia kehamilan 12 minggu. Untuk mengetahui jenis suplemen hamil yang tepat sesuai kebutuhan tubuh, sebaiknya tanyakan langsung kepada dokter kandungan Ibu.

Pada awal kehamilan, calon Ibu sering merasa mual akibat perubahan hormon. Tapi, jangan sampai hal ini membuat Ibu malas makan. Lakukan beberapa tips mengatasi morning sickness agar tetap dapat menjaga keseimbangan nutrisi serta kesehatan bayi dan Ibu. Salah satunya dengan mencoba untuk makan sedikit namun sering. Ayo Bu, tetap semangat ya!

Tapi bila mual dan muntah masih terus berlanjut , cobalah Ibu berkonsultasi ke dokter kandungan untuk mengetahui cara terbaik mengatasinya.

 

Tahukah Ibu?

 

Ternyata banyak kehamilan terjadi tanpa perencanaan. Untuk itu, bila Ibu merasakan tanda tanda kehamilan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter kandungan. Agar bila ternyata hamil, Ibu bisa segera mengkonsumsi suplemen hamil asam folat. Semuanya demi kesehatan calon buah hati tersayang.