Alternate Text
Mom's Pedia 1-12 Minggu

Mengintip Perkembangan Janin Usia 9 Minggu

Perkembangan si Kecil

 

Tubuh si Kecil sudah semakin berkembang pada kehamilan 9 minggu ini. Panjangnya berkisar 2-2,5 cm dan beratnya 2-3 gram. Ibu pasti akan merasa senang bila melihat lengan dan kakinya yang mulai bergerak, karena jaringan ototnya sudah mulai berkembang pesat. Meskipun mungkin belum terasa di perut Ibu, tapi sebenarnya siku dan pergelangan tangan mungilnya sudah dapat menekuk. Telinga dan kelopak mata pun sudah mulai terbentuk pada hamil minggu 9 ini.

Hobi bermain si Kecil akan mulai terlihat. Ia sudah mulai menggerakkan kepala, jari kaki dan membuka serta menutup mulutnya. Pokoknya, si Kecil sudah mulai aktif di perut Ibu. Sungguh senang mengetahuinya ya?

 

Ada Apa dengan Tubuh Ibu?

 

Kok Ibu hamil perlu diet? Yang dimaksud diet sehat kehamilan adalah memperhatikan jenis makanan yang harus dikonsumsi dan harus dihindari. Ayo, mulai perhatikan cara memasak dan mempersiapkan makanan yang baik, karena hal ini penting bagi kesehatan bayi di perut Ibu.

Selama kehamilan, Ibu membutuhkan energi 12% lebih banyak dari biasanya. Jenis makanan harus bervariasi dan memenuhi standar 4 sehat 5 sempurna. Mulai dari tahap membeli, mempersiapkan, memasak, dan menyimpan makanan harus dilakukan dengan baik dan benar oleh seluruh anggota keluarga. Silahkan Ibu pelajari daftar jenis makanan yang harus dihindari berikut ini (hyperlink to...)

o Telur setengah matang atau makanan lain yang terbuat dari telur setengah matang (contoh mousse, es krim, mayonnaise).

o Daging dan ikan setengah matang.

o Daging dan ikan mentah dalam hidangan seperti sushi, steak taretare, salmon asap, atau kerang.

o Aneka makanan olahan.

o Susu segar, keju, dan yoghurt yang belum disuling (pasteurisasi) – periksa labelnya

o Keju lunak seperti brie, camembert, ricotta atau keju blue veined (keju cheddar biasa atau keju cottage diperbolehkan, selama terbuat dari susu yang sudah disuling – periksa label).

o Makanan siap saji atau yang dipanaskan sebelum disantap.

o Menu barbeque yang sering menggelar dagingnya sebelum disajikan.

o Pate atau hati – Jenis makanan ini mungkin mengandung kadar vitamin A tinggi dan beresiko mengandung kuman listeria

o Krim atau custard pada potongan cake yang biasa dibeli di toko.

o Salad siap makan atau yang disajikan di buffet lunch bar.

 

Tahukah Ibu?

 

Saat ini Ibu sudah bisa mulai ikut kelas senam hamil. Pilihlah kelas hamil dengan jadwal yang paling sesuai dengan kesibukan dan area dekat tempat tinggal/ kantor Ibu. Biasanya klinik atau rumah sakit bersalin menawarkan jadwal kelas sore, akhir pekan, bahkan kelas privat. Ayo semangat, di kelas senam hamil Ibu bisa belajar banyak teknik mengatur nafas dan mengejan yang bermanfaat saat persalinan.