Tips & Advice Balita

Tips Memilih Menu Makanan Sehat untuk Anak di Usia Sekolah yang Baik Bagi Kesehatan Pencernaan

Pemenuhan gizi harian sangat penting untuk anak, mulai dari masa balita, batita, hingga usia sekolah. Pasalnya, pertumbuhan anak terus berkembang hingga usia sekolah. Di usia sekolah anak akan mulai belajar mandiri, bertemu dengan teman-teman lain, hingga memilih makanannya sendiri. Kalau sudah begini, ada baiknya Ibu mulai mengajarkan pada anak tentang makanan sehat dan membantu memberikan pengertian tentang jajanan sekolah yang tidak sehat.

Lebih lanjut, anak pada usia sekolah membutuhkan berbagai macam asupan gizi seimbang, karena anak sudah mulai memiliki aktivitas fisik seperti olahraga dan ekstrakurikuler di sekolah. Berikut beberapa menu makanan sehat untuk anak sekolah yang bisa Ibu masukan dalam menu bekal harian anak, seperti:

Sayuran dan Buah-buahan

Makanan sehat untuk anak sekolah berikutnya adalah sayur dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buah tinggi akan serat yang baik untuk anak. Memenuhi jumlah kebutuhan serat harian anak baik untuk sistem pencernaannya. Pasalnya, banyak penyakit yang bermunculan jika sistem pencernaan anak terganggu.

Ibu bisa memberikan anak jus buah utuh tanpa memberikan gula untuk pemenuhan serat anak. Jika anak belum bisa minum jus tanpa gula, Ibu bisa memberikan jus dengan madu. Kacang-kacangan juga tinggi akan serat, ibu bisa memberikan sop dan omelet dengan kacang pada menu sarapan anak sebelum anak berangkat sekolah.

Lebih lanjut, sereal dari gandum juga tinggi serat yang baik untuk kalori anak. Sereal akan membuat anak kenyang lebih lama.

Susu

Pemenuhan nutrisi harian untuk anak usia sekolah sangat penting. Makanan sehat untuk anak sekolah berikutnya adalah susu atau produk olahan susu seperti keju dan yogurt. Susu mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Terlebih, kalsium membantu menguatkan tulang dan gigi anak saat usia sekolah.

Beberapa makanan yang mengandung kalsium berasal dari susu, keju, dan yogurt. Akan tetapi, terdapat beberapa sayuran hijau dan beberapa makanan yang sudah difortifikasi memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Ibu bisa memberikan sereal gandum dengan susu untuk sarapan anak dan memberikan keju sehabis anak pulang sekolah.

Ayam,Telur, dan Makanan Laut

Ayam, telur, dan makanan laut merupakan menu makanan sehat untuk anak sekolah. Ketiga makanan tersebut merupakan sumber protein yang tinggi. Protein memiliki peran untuk pertumbuhan sel di dalam tubuh, pemenuhan asupan protein tentu baik untuk pertumbuhan dan kesehatan anak. Selain ayam, makanan laut, dan telur, beberapa makanan yang mengandung protein adalah beberapa kacang-kacangan, gandum, dan sayuran.

Ibu bisa memberikan roti gandum dengan telur untuk sarapan anak Ibu dan jangan ragu untuk memberikan ikan laut seperti ikan salmon untuk menu makan siang karena salmon memiliki kandungan Omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung anak.

Selain beberapa menu makanan untuk anak sekolah di atas, Ibu tetap harus memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Ibu bisa memberikan susu Bebelac 4 sebagai pelengkap asupan nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan serat harian anak dan dapat menjaga sistem pencernaan si Kecil.

Susu ini terbuat dari minyak ikan yang mengandung Omega-3 dengan asam a-linolenat serta Omega-6 yang disertai asam linoleate yang berfungsi untuk perkembangan dan pertumbuhan anak serta DHA yang lebih mudah dicerna oleh anak dibanding sumber DHA lainnya. Bebelac sudah dilengkapi dengan FOS: GOS 1:9 untuk memenuhi serat dan membantu memelihara fungsi saluran pencernaan si Kecil.

Terlebih, susu ini juga memiliki kandungan 13 vitamin dan 7 mineral dengan zat besi, zinc, vitamin A, Iodium serta kalsium. Hasilnya, anak akan tumbuh pintar dan sehat.