Tips & Advice Balita

Tahukah Ibu Perut Sehat Si Kecil Mempengaruhi Tumbuh Kembangnya?

Untuk mendukung pertumbuhan Si Kecil, ibu tentunya akan memberikan yang terbaik. Mulai dari mendukung kemampuang intelektual serta pertumbuhan fisik Si Kecil. Salah satu hal yang perlu ibu lakukan adalah dengan menjaga kesehatan perut Si Kecil. Perut yang sehat dapat memberikan banyak kehebatan bagi Si Kecil seperti mendukung tumbuh kembang Si Kecil lebih optimal.

Perut merupakan salah satu faktor yang berkontribusi dalam pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil di 1000 hari pertama kehidupan. Selain itu, perut yang sehat pada awal kehidupan akan menjadi landasan pertumbuhan, perkembangan, kematangan intelektual dan kesehatan anak secara keseluruhan di periode berikutnya.

Perut yang sehat dapat menyerap nutrisi penting dari setiap makanan yang dimakan oleh Si Kecil untuk pertumbuhan dan perkembangan, melindungi anak dari infeksi dan berinteraksi dengan otak sehinga anak tidak saja sehat tetapi juga nyaman. Perut telah dirancang untuk melakukan proses tersebut, salah satunya dengan bantuan keberadaa mikroflora baik dalam perut. Beberapa nutrisi kompleks tidak dapat dicerna dengan baik oleh enzim perut bayi. Oleh karena itu, keberadaan mikroflora dapat melengkapi proses tersebut dengan menghasilkan asam lemak rantai pendek yang berfungsi sebagai sumber energi  bagi saluran cerna.

Selain menjadikan tumbuh kembang Si Kecil optimal, ada banyak lagi kehebatan perut Si Kecil. Ibu dapat menemukan 7 kehebatan perut Si kecil agar ia tumbuh menjadi anak hebat di www.bebeclub.co.id/7kehebatanperut/.

Referensi:

Wopereis H, Oozeer R, Knipping K, Belzer C, Knol J. The first thousand days – intestinal microbiology in early life: establishin a symbiosis. Pediatr Allergy Immunol. 2014;25;428-438
Scholtens P, Oozeer R, Martin R, Amor KB, Knol J. The early settlers: intestinal microbiology in early life. Ann Rev Food Sci Technol. 2012;3;425-427